Robot Canggih Boston Dynamic Bisa Membuka Pintu

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 08:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 13 56 1858970 robot-canggih-boston-dynamic-bisa-membuka-pintu-In8rJK8QCI.jpg (Foto: Techcrunch)

JAKARTA - Boston Dynamics, salah satu perusahaan Amerika Serikat yang bergerak dalam pengembangan robot. Perusahaan ini sebelumnya mengembangkan BigDog, robot yang dirancang untuk militer AS dengan didanai oleh Defense Advance Research Projects Agency (DARPA).

Dilansir dari Techrunch, Selasa (13/2/2018), baru-baru ini beredar video yang menunjukkan Boston Dynamic mendesain ulang Spot Mini yang telah menemukan cara untuk membuka pintu. Untuk mengetahui yang mana tangan dan wajahnya tergantung bagaimana melihatnya.

Tim yang juga mengembangkan BigDog ini membuktikan bahwa itu adalah cara dalam memasarkan robotik, bahkan setelah beralih dari Google ke SoftBank. Tiga bulan setelah meluncurkan versi Spot Mini elektroniknya, perusahaan tersebut tergoda oleh hal lain, robot yang dilengkapi lengan yang terpasang di kepala membuat kerja lebih cepat dengan membiarkan teman robotnya masuk.

Video tersebut mengesankan kelincahan robot dan kemampuan robot tersebut dalam menjaga keseimbangan saat mengayunkan lengan dan membuka pintu yang cukup berat. Robot milik perusahaan SoftBank ini tampak menakutkan atau menyenangkan masyarakat.

Baca juga: SoftBank Akuisisi Boston Dynamics Milik Alphabet

Di video bagian akhir, teaser tidak menunjukkan banyak wawasan mengenai versi baru robot bumble bee yang berwarna seperti yang sudah diumumkan. Akan tetapi, video seolah-olah memberikan wawasan mengenai preview dari sepasang kamera 3D Kinect-Style yang menunjukkan sistem navigasi robot.

Baca juga: Kenalan dengan SpotMini, Robot Anjing Asisten Rumah Tangga

Teknologi ini sepertinya mengisyaratkan kemungkinan sistem kontrol otonom yang semakin maju. Mengingat singkatnya video yang disajikan, bagaimanapun sulit untuk mengatakan apakah ada seseorang yang mengendalikan.

Jika perusahaan memang berhasil memprogram Spot Mini untuk benar-benar membuka pintu sendiri. Mungkin sudah saatnya untuk kembali dikembangkan.

 

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini