CEO Apple Larang Pengunjung Tur di Apple Park

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 08:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 14 207 1859694 ceo-apple-larang-pengunjung-tur-di-apple-park-Wp9Ur20K7B.png (Foto: YouTube)

CUPERTINO – Kunjungan ke sebuah perusahaan teknologi tentu menjadi pengalaman yang spesial. Terlebih dalam sebuah perusahaan yang dikenal dengan teknologi dan kecanggihannya.

Namun rupanya, Apple tak begitu terbuka menerima tamu atau pengunjung ke kantor barunya yang disebut Apple Park. Pasalnya raksasa teknologi itu melarang pengunjung untuk masuk ke Apple Park.

Baca: Apple Bakal Buka Kantor Baru & Rekrut 20.000 Karyawan, Berminat?

Mulanya hal ini tak pernah terungkap. Namun pada pertemuan tahunan pemegang saham Apple, salah satu investor menanyakan kapan mereka bisa tour di Apple Park kepada CEO Tim Cook.

Tak disangka, CEO Apple itu mengatakan bahwa para pemegang saham perusahaan kemungkinan tak akan pernah bisa tour di Apple Park. Cook menjelaskan alasannya yakni ada rahasia di kampus raksasanya tersebut.

"Masalahnya jika membuka fasilitas utama untuk wisata, kita memiliki begitu banyak barang rahasia,” kata Tim Cook.

Jawaban Cook sendiri tampaknya telah dilontarkan oleh sang desainer Apple Park – John Ive. Tahun lalu Ive menyebut Apple Park sebagai “rumah kami”.

“Kami tidak membuat Apple Park untuk orang lain. Jadi saya pikir banyak kritik... sangat aneh, karena (Apple Park) tidak dibuat untuk Anda. Dan saya tahu bagaimana kami bekerja, dan Anda tidak melakukannya,” kata Ive

Para pengunjung termasuk pemegang saham Apple tak bisa masuk ke Apple Park, kecuali mereka yang merupakan karyawan Apple sendiri.

Baca juga: 'Kampus Luar Angkasa' Apple Dikeluhkan Karyawan, Kok Bisa?

Menurut orang-orang yang mendiskusikan bisnis di kantor pusat Apple, pengunjung yang melakukan pertemuan di Apple biasanya tak diizinkan untuk menjelajai Apple Park. Bahkan, foto dari interior bangunan yang di-posting oleh karyawan ke Instagram mulai dihapus.

Sebagai gantinya, Apple menyediakan tempat untuk pengunjung di Apple Park yang disebut Visitor Center, tepatnya di seberang jalan kampus Apple itu. Visitor Center sendiri mengkombinasikan Apple Store, kafe, dan shrine untuk segala hal terkait Apple. Demikian seperti dilansir Business Insider, Kamis (15/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini