nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gmail Go Mendarat di Play Store, Apa Bedanya dengan Gmail?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 16:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 15 207 1860134 gmail-go-mendarat-di-play-store-apa-bedanya-dengan-gmail-eZJP1qZNs8.jpg (Foto: TuttoAndroid)

MENLO PARK – Google telah cukup lama mengembangkan sistem operasi Android yang ringan bertajuk Android Go. Tak hanya dari sistem operasi, raksasa teknologi tersebut juga merancang aplikasi besutannya agar mampu berjalan dalam smartphone entry level yang memiliki keterbatasan memori.

Kini, Google merilis Gmail versi ringan bertajuk Gmail Go yang diluncurkan untuk perangkat Android. Serupa dengan Gmail biasa, Gmail Go memiliki kemampuan untuk berkirim pesan dan menghubungkan pengguna ke berbagai layanan Google.

Baca: Mirip Instagram, Google Bakal Pasang Fitur Stories

Meskipun dibuat lebih ringan, aplikasi Gmail Go juga memberikan Anda fitur yang mampu mengategorikan email seperti sosial atau promosi. Hal ini akan membantu pengguna untuk memilah dan fokus pada email penting.

Dalam hal pengalaman yang lebih aman bagi pengguna, Gmail Go akan secara otomatis memblokir pesan spam menggunakan rangkaian data internal Google dan algoritma. Pengguna juga diberi opsi untuk melaporkan email baru sebagai spam atau menandainya sebagai hal yang penting.

Bedanya dengan Gmail biasa, Gmail Go akan menggunakan sedikit RAM dan hanya akan memuat gambar sesuai permintaan pengguna. Artinya, pengguna bisa mengendalikan penggunaan data yang mungkin tidak begitu diperlukan.

Ukuran file APK dari aplikasi Gmail Go secara signifikan lebih kecil daripada aplikasi Gmail biasa yakni hanya 9.51MB. Sementara Gmail versi biasa memiliki ukuran 20.66MB.

Baca juga: Jepretan Kamera Instagram Makin Cantik Berkat Update Google

Kini, Gmail Go sudah dirilis ke Play Store, sehingga pengguna Android bisa mengunduhnya. Sebelumnya, Google juga telah merilis aplikasi edisi Go lainnya seperti Gboard Go, Google Go, Maps Go, dan YouTube Go.

Peluncuran Gmail Go semakin menambah deretan aplikasi Google yang dibuat dalam versi ringan. Demikian seperti dilansir NDTV, Kamis (15/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini