Apa Fungsi Bulu Tebal pada Singa Jantan?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 09:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 56 1859851 apa-fungsi-bulu-tebal-pada-singa-jantan-1Gq52hxQXq.jpg (Foto: Qz)

JAKARTA - Singa merupakan salah satu hewan karnivora yang bisa hidup berkelompok. Umumnya singa jantan memiliki bulu tebal atau surai yang berada di kepalanya, apa fungsinya?

Dilansir Mentalfloss, Kamis (15/2/2018), satu atau dua abad lalu, ahli biologi seperti Charles Darwin mengungkap bahwa tumbuh bulu lebat di leher singa untuk melindungi dari serangan singa lainnya.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ahli biologi lapangan mengamati perilaku singa (dari jarak aman) dan mencatat bahwa ketika singa berkelahi satu sama lain, mereka jarang menyerang ke daerah surai. Singa secara teratur menyerang bagian belakang, membidik punggung dan bagian tubuh belakang.

Ketika panas terik di daerah singa berkumpul, bulu tebal yang panjang di sekitar wajah dan leher tidak membantu mendinginkan tubuh. Bahkan, bulu tebal itu bisa mengundang beragam jenis parasit.

Baca juga: Unik! Ini Daftar Hewan dengan Gigi Terbanyak di Dunia, Apa Saja?

Meskipun demikian, bulu tebal pada singa jantan menunjukkan gen yang kokoh dan keadaan tubuh yang sehat. Ini menunjukkan singa hidup cukup lama karena tumbuhnya surai besar tersebut.

Surai yang berwarna hitam atau gelap juga menunjukkan kematangan singa jantan. Selain itu, bulu tebal tersebut juga bisa menarik singa betina.

Baca juga: Ini Jadinya Jika Cheetah Jadi Kameramen

Singa memiliki ketajaman penglihatan yang baik ketika di malam hari. Hewan tersebut bisa berburu mangsa ketika dalam kondisi gelap.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini