nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aplikasi Keyboard Swype Tak Lagi Dapat Update, Kenapa?

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 08:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 20 207 1862239 aplikasi-keyboard-swype-tak-lagi-dapat-update-kenapa-9tOizxUblm.jpg (Foto: Android Central)

JAKARTA - Nuance Communications – developer dibalik aplikasi keyboard Swype mengumumkan hal yang mengejutkan. Betapa tidak, developer tersebut menyatakan tak akan lagi memperbarui Swype baik versi iOS maupun Android.

Belum lama ini, seorang pengguna Reddit mengatakan bahwa dirinya telah menghubungi Nuance untuk bertanya terkait masalah pada aplikasi Swype. Rupanya, Nuance menyatakan bahwa aplikasi keyboard itu tak lagi dikembangkan.

Baca: 5 Aplikasi Keyboard Terbaik, Nomor 3 Paling Canggih

“Nuance tak akan lagi memperbarui Swype + Dragon Keyboard untuk Android. Mohon maaf karena kami meninggalkan bisnis keyboard yang direct-to-consumer, namun perubahan ini diperlukan agar kami dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan solusi AI kami, untuk dijual langsung ke bisnis,” kata Tim Produk Swype menanggapi pengguna Reddit.

Swype juga telah mengonfirmasi berhentinya aplikasi Swype Keyboars untuk iOS dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Zendesk.

“Nuance tidak akan lagi menawarkan keyboard Swype di toko aplikasi iOS... Kami harap Anda menikmati penggunaan Swype, kami sangat senang bekerja sama dengan komunitas Swype,” bunyi pernyataan itu.

Menurut Android Police, Swype menjadi aplikasi yang cepat berkembang. Aplikasi keyboard itu bahkan menjadi aplikasi ketiga terbaik untuk Android dengan fitur pengetikan melalui gesekan dan pendengaran pada 2013.

Baca juga: Aplikasi Keyboard di Android Bocorkan 31 Juta Informasi Pribadi, Kok Bisa?

Aplikasi memang populer selama bertahun-tahun, meski masalah privasi kadang mengganggu pengguna. Popularitas Swype di Android juga tak terelakkan, sebagaimana telah terinstal di beberapa smartphone seperti Huawei.

Sayangnya, aplikasi keyboard Swype tak akan lagi dikembangkan. Alhasil Swype pun akan kadaluarsa dengan sendirinya, meski saat ini masih muncul di toko aplikasi. Demikian seperti dilansir IBTimes, Rabu (21/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini