Inikah yang Terjadi Bila Bumi Tanpa Gravitasi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 56 1862229 inikah-yang-terjadi-bila-bumi-tanpa-gravitasi-foNIRVv9uY.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Gravitasi memungkinkan makhluk hidup berpijak di Bumi dan menjalani kehidupannya dengan baik. Apa yang terjadi bila Bumi tanpa gravitasi?

Buku Sains dalam Alquran yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan fakta ilmiah yang membuktikan jinaknya Bumi adalah adanya gaya gravitasi di atas permukaan Bumi. Gaya gravitasi inilah yang membuat manusia 'lengket' di atasnya dan ditarik olehnya.

Apabila gaya gravitasi tidak ada, akan terjadi banyak kekacauan di atas permukaan Bumi. Buku ‘Sains dalam Alquran’ merincikan yang terjadi apabila Bumi tidak memiliki gaya gravitasi.

Pertama, tubuh makhluk hidup takkan lagi memiliki berat. Makhluk hidup akan terbang melayang dan mengarah ke angkasa tanpa bisa kembali lagi ke permukaan Bumi.

Kedua, udara dan atmosfer akan hilang. Begitu pula hujan, awan, lautan, sungai, binatang, dan semua kehidupan di muka Bumi.

Nyatanya tidak demikian, Allah telah menjadikan Bumi jinak dan tunduk pada manusia. Dengan gaya gravitasi yang ada di alam semesta ini, membuat planet-planet beredar dalam orbitnya dan Bumi berputar mengelilingi matahari.

Dengan bentuknya yang bulat, Bumi mengelilingi matahari melalui porosnya. Bumi berputar dengan kecepatan 1.000 mil per jam. Dengan kecepatan yang tinggi itu, ada kemungkinan setiap mahkluk di atasnya akan terlempar.

Meski demikian, hal itu tak terjadi. Sebagaimana diketahui, Bumi dianugerahi dengan gravitasi yang membuat setiap benda di atasnya bisa menempel dengan permukaan Bumi.

Tidak hanya itu, Allah juga menancapkan gunung-gunung di atasnya, lalu menjadikan setiap gunung memiliki akar yang tertancap jauh ke dasarnya untuk membuat benua-benua tetap kukuh tak bergerak dan terhindar dari guncangan dan gempa.

Permukaan gunung yang dilihat manusia dan menjulang ke permukaan tanah hanya sebagian kecil dari keseluruhan gunung. Bagian gunung yang lain, yaitu akarnya tertanam di dalam Bumi.

Baca juga: Fenomena Salju di Arab Saudi Tanda Kiamat Semakin Mendekat?

Temuan ilmiah ini telah dijelaskan dalam Alquran sekira 14 abad lalu. Dalam beberapa ayat, dijelaskan bahwa gunung diciptakan agar Bumi tidak goncang.

"Dan telah Kami jadikan di Bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya Bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di Bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk," Surah Al-Anbiya Ayat 31.

Baca juga: Gunung sebagai Pasak Bumi dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Dalam ayat lainnya, Allah berfirman, "Bukankah Kami telah menjadikan Bumi itu sebagai hamparan? dan gunung-gunung sebagai pasak?," Surah An-Naba’ Ayat 6-7.

"Dan Dia menancapkan gunung-gunung di Bumi supaya Bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk," Surah An-Nahl Ayat 15.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini