nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asus X555QG, Laptop Berotak AMD A10-9600P Lancar Main Game

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 21 92 1862569 asus-x555qg-laptop-berotak-amd-a10-9600p-lancar-main-game-2E6xIZH4DX.jpg (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

JAKARTA - Asus, produsen laptop telah mengumumkan kemunculan X555QG. Laptop dengan layar 15,6 inci itu didukung dengan prosesor terbaru dari AMD, yakni APU A10-9600P Bristol Ridge.

Perangkat laptop ini menyediakan berbagai keunggulan dari sisi performa maupun fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Okezone sempat mencoba pengalaman menggunakan Asus X555QG, berikut ini ulasannya.

Tampilan

Dari sisi tampilan, Asus X555QG tampak serupa dengan laptop pada umumnya. Hanya saja, Asus menyediakan laptop mereka dengan layar yang tampak lebar, 15,6 inci. Bodi perangkat cukup terlihat kokoh dan berat, dengan balutan cover berwarna gelap.

 

Ciri khas Asus ialah menempatkan logo Asus mereka pada bagian cover dengan kesan timbul, sehingga menambah kesan elegan pada perangkat. Ketika bagian cover dibuka, pengguna bisa melihat luasnya layar dengan susunan tombol-tombol keyboard.

 

Pada bagian permukaan dalam, terlihat papan berwarna silver dengan tekstur garis-garis dengan touchpad yang cukup luas. Tombol-tombol terasa empuk ketika ditekan dan terdapat bagian numpad yang menjadi ciri khas laptop-laptop besutan Asus.

Fitur

Asus menyediakan berbagai fitur yang ditanamkan pada perangkat komputer jinjing mereka. Fitur tersebut antara lain IceCool, yang membuat bagian permukaan atau papan perangkat tetap bersuhu normal serta fitur EyeCare, merupakan pengurangan cahaya biru sebesar 33 persen yang ramah bagi mata pengguna.

Ada dua fitur lainnya yang disematkan seperti Polymer battery yang memperpanjang masa hidup baterai sebesar 2,5 kali lipat. Selain itu, ada pula SonicMaster yang menghadirkan kualitas audio yang mumpuni.

 

Perangkat juga menampilkan fitur CD/DVD-ROM yang memungkinkan sistem membaca disc, yang terletak di salah satu sisi laptop. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan kamera depan melalui VGA Web Camera.

Laptop besutan perusahaan asal Taiwan ini juga dilengkapi port USB yang berdekatan dengan port audio serta pembaca kartu (card reader). Sisi yang lain menghadirkan beberapa port seperti port LAN, HDMI, serta dua buah port USB 3.0.

Baca juga: Asus ROG G703 Mendarat di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Performa

Untuk mengetahui seberapa kencang performa perangkat, Okezone sempat memainkan game Battlefield 4. Mengintip situs Systemrequirementslab, game Battlefield 4 membutuhkan persyaratan minimal sebagai berikut.

 

CPU Intel Core 2 Duo 2.4 GHz, AMD Athlon X2 2.8 GHz atau yang lebih baik, RAM 4GB, kartu video 512 MB AMD Radeon HD 3870 atau NVIDIA GeForce 8800 GT atau yang lebih baik.

Nyatanya dengan spesifikasi berikut, Asus X555QG dengan prosesor AMD A10-9600P quad-core berkecepatan 2,4GHz Turbo maksimal 3,3GHz, grafis AMD Radeon R5 + AMD Radeon R6 M435DX, serta RAM 4GB cukup mampu memainkan game peperangan tersebut.

Meskipun bukan laptop yang dikhususkan untuk main game, Asus X555QG terbukti mampu menjalankan permainan 3D dengan pengalaman yang cukup baik. Agar tidak membuat 'gerah' gamer, disarankan untuk menurunkan kualitas grafis di tingkat low, sehingga permainan bisa berjalan lebih mulus.

Pada kondisi tingkat grafis yang direndahkan, permainan bisa menampilkan grafis terbaik di 23 frame per second (FPS). Sementara pada tingkat grafis yang ditinggikan, game bisa menampilkan 9 FPS.

 

Selain menjajal dengan game Battlefield 4, Okezone juga menggunakan benchmark dari game Resident Evil 6. Game menunjukkan skor 1979 (Rank C) untuk tingkat grafis yang ditinggikan, dan menunjukkan skor 3523 (Rank B) pada tingkat grafis yang direndahkan di resolusi 800 x 600.

Baca juga: Asus Bikin Smartphone Gaming Bermerek ROG?

Kesimpulan

Asus X555QG menawarkan laptop dengan performa mumpuni yang bisa dipakai bekerja maupun bermain game. Kendati demikian, game 3D yang dimainkan dengan laptop ini perlu disesuaikan tingkat grafisnya agar permainan berjalan dengan mulus.

Untuk tugas pengetikan atau mobilitas, laptop ini rasanya kurang cocok untuk dipakai mengingat ukurannya yang cukup besar dengan layar 15,6 inci dan terasa berat. Laptop ini tampaknya sesuai untuk pengguna yang memakai laptop ini di kantor atau di rumah.

X555QG dilengkapi tiga buah port USB yang memudahkan pengguna ketika menghubungkannya dengan mouse atau flashdisk. Pengguna juga bisa mengandalkan USB 3.0 untuk transfer data yang lebih cepat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini