Titik Jatuh Pesawat NASA Cassini di Saturnus Terungkap

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 24 Februari 2018 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 23 56 1863849 titik-jatuh-pesawat-nasa-cassini-di-saturnus-terungkap-Emph0mIehL.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - NASA mengandalkan pesawat luar angkasa Cassini untuk mengabadikan Saturnus. Pesawat itu pada September 2017 dikabarkan terjun menuju Saturnus dan mengakhiri misinya sejak diluncurkan pada 1997.

Dilansir Ibtimes, Rabu (21/2/2018), NASA telah berbagi citra baru yang menunjukkan situs bersejarah, tempat pesawat Cassini mengakhiri misi 20 tahun di Saturnus. Pesawat itu tepatnya meluncur ke atmosfer Saturnus pada 15 September 2017, memberi NASA data ilmiah serta menarik perhatian dunia.

Beberapa jam sebelum meluncur ke planet bercincin itu, Cassini mengambil serangkaian gambar untuk terakhir kalinya. Telah terungkap beberapa jepretan gambar itu, tetapi yang terbaru adalah mosaik yang menunjukkan lokasi sebenarnya dari jatuhnya pesawat luar angkasa tersebut.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

Gambar tersebut menunjukkan sisi malam Saturnus, termasuk situs masuk atau titik yang digunakan pesawat luar angkasa untuk masuk ke atmosfer bagian atas planet. Daerah itu terlihat samar-samar diterangi sinar matahari yang tercermin dari partikel cincin es Saturnus.

Pada saat gambar mosaik itu diambil, Cassini berada lebih dari 600 ribu kilometer dari Saturnus. NASA menggunakan filter spektrum merah, hijau dan biru untuk menghasilkan foto bersejarah dengan warna yang hampir alami.

Baca juga: Mengapa Planet-Planet Tak Bertabrakan di Sistem Tata Surya

Misi Cassini-Huygens adalah proyek gabungan antara NASA, European Space Agency (ESA) dan Badan Antariksa Italia. Pesawat luar angkasa tersebut lepas landas pada 1997 dan mengorbit Saturnus dari 2004 sampai September 2017.

Selama periode ini, pesawat tersebut tidak hanya mengambil beberapa gambar cemerlang dari planet, namun juga mengumpulkan informasi yang sangat berguna tentang cincin dan bulannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini