nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pusat Perbaikan Apple Telefon 911 hingga Ribuan Kali, Kok Bisa?

Lely Maulida, Jurnalis · Minggu 25 Februari 2018 07:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 24 207 1864308 pusat-perbaikan-apple-telefon-911-hingga-ribuan-kali-kok-bisa-P12mWuwszI.jpg (Foto: 9to5mac)

JAKARTA – Sistem operasi iPhone yakni iOS memiliki salah satu fitur yang disebut Emergency SOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna dengan mudah menghubungi nomor telefon darurat 911.

Sayangnya fitur itu menyebabkan serangkaian panggilan telefon ke petugas emergency secara tidak sengaja. Laporan dari CBS Sacramento melaporkan bahwa petugas emergency di Elk Grove dan Sacramento County, California telah melihat masuknya panggilan alarm yang salah yang tampaknya berasal dari pusat perbaikan dan refubrishing Apple di wilayah tersebut.

Baca: Apple Akan Gunakan Logo Lawas Bernuansa Pelangi?

Laporan itu mengungkapkan bahwa petugas darurat mendapati rata-rata 20 panggilan 911 yang tak disengaja setiap harinya. Panggilan tersebut berasal dari fasilitas Apple dengan total 1.600 panggilan sejak Oktober lalu.

Petugas mengatakan bahwa telepon tersebut mulai muncul sekira bulan Oktober, yang tampaknya agak bersamaan dengan dirilisnya iOS 11 dan peluncuran iPhone 8 serta iPhone X pada bulan September dan November.

Panggilan yang dilakukan secara tidak sengaja dan berulang itu tentu membuat petugas setempat frustasi. Polisi bernama Jamie Hudson mengatakan bahwa telefon itu membuat telefon yang benar-benar penting teralihkan.

“Kami menemukan panggilan ini selama empat bulan terakhir dari Apple. Kami bisa melihat dengan cepat dari mana asal panggilan, jadi saat kita mendapatkannya alamatnya akan sesuai dengan lokasi,” ujarnya.

“Hal itu sangat mempengaruhi kami ketika menghadapi keadaan darurat lainnya,” imbuh Hudson.

Apple lantas mengakui bahwa fasilitasnya bertanggung jawab atas panggilan darurat itu. Perusahaan mengatakan pihaknya bekerjasama dengan petugas penegak hukum untuk menyelidiki masalah itu.

“Kami menyadari panggilan 911 yang berasal dari fasilitas pusat perbaikan dan refubrishing Elk Grove kami. Kami akan menangani masalah ini bekerja sama dengan penegak hukum setempat untuk menyelidiki penyebabnya dan memastikannya tidak berdampak lebih lanjut,” terang Apple.

Baca juga: Apple Mulai Jual Smartwatch Series 3 Versi Refurbished

Fitur darurat pada perangkat Apple sendiri akan akan otomatis aktif ketika pengguna menahan tombol samping dan tobol volume. Cara ini tampaknya tak mungkin menjadi salah satu penyebab ketidaksengajaan munculnya panggilan darurat.

Kepastian penyebabnya kemungkinan akan segera diungkap oleh Apple setelah mendapatkan hasil penyelidikan. Demikian seperti dilansir 9to5mac, Minggu (25/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini