6 Smartphone Terbaru yang Bakal Meluncur di MWC 2018

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 10:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 24 57 1864316 6-smartphone-terbaru-yang-bakal-meluncur-di-mwc-2018-Mb2ITNkEGg.jpg (Foto: Technical)

JAKARTA – Ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 tak lama lagi akan segera berlangsung di Barcelona. Dalam gelaran ini berbagai perusahaan memamerkan perangkat mobile mereka ke hadapan publik.

Tak hanya itu, perusahaan juga memaparkan kecanggihan teknologi yang melengkapi perangkat buatan mekeka. MWC sendiri menjadi salah satu ajang yang banyak dinanti-nantikan berbagai kalangan.

Pasalnya banyak perusahaan merilis smartphone baik kelas menengah maupun flagship-nya di tahun ini. Di tahun 2018 sendiri, beberapa vendor juga siap merilis smartphone terbaru.

Berikut Okezone rangkum 6 smartphone terbaru yang bakal meluncur di MWC 2018.

Galaxy S9 dan S9+

Samsung telah mengonfirmasi akan merilis smartphone terbarunya pada 25 Februari 2018 di Barcelona, berdekatan dengan pembukaan MWC 2018. Kabarnya, tampilan Galaxy S9 dan Galaxy S9+ hampir menyerupai pendahulunya yakni duo Galaxy S8. Pembedanya yaitu panel belakang baik untuk S9 maupun S9+.

Khusus untuk Galaxy S9+, smartphone ini dilengkapi dengan dual kamera yang ditempatkan di bagian belakang ponsel. Kedua kamera memiliki orientasi vertikal bersama dengan pemindai sidik jari. Sementara Galaxy S9 hanya memiliki kamera tunggal yang juga penempatannya disandingkan dengan pemindai sidik jari.

Desain Galaxy S9 dan S9+ akan dilengkapi dengan layar Super Amoled berukuran 5,8 inci dan 6,2 inci disertai resolusi 2960 x 1440 pixel. Laporan menyebutkan, bezel bagian bawah dari duo smartphone Samsung ini akan hadir lebih tipis ketimbang pendahulunya.

Sebagaimana biasanya, duo Galaxy S Samsung hadir dengan varian chipset Exynos 9810 dan Snapdragon 845. Kedua chipset itu akan dikombinasikan dengan RAM 4GB dan 6GB. Galaxy S9+ sendiri akan mendapatkan varian RAM yang lebih banyak.

Mi Mix 2S

Sebagaimana pendahulunya, Xiaomi Mi Mix 2S kabarnya akan mengusung layar lega dan hampir tanpa bezel. Pembedanya, yakni hadirnya “Notch” atau bagian yang memakan sedikit layar sebagaimana iPhone X.

Bagian tersebut dirancang Xiaomi untuk mendukung kamera depan pada Mi Mix 2S. Tak ada alasan yang cukup kuat atas rumor yang menyebutkan desain Mi Mix 2S serupa iPhone X.

Spesifikasi lainnya untuk Mi Mix 2S mencakup layar dengan aspek rasio 19,5:9. Smartphone Xiaomi itu juga akan disokong dengan prosesor Snapdragon 845 yang dikombinasikan dengan RAM 6GB.

Smartphone yang khas dengan layar leganya ini kabarnya akan dirilis di MWC 2018

Huawei P20

Huawei P20 dikabarkan akan meluncur di MWC 2018. Bocoran yang beredar menunjukkan P20 akan hadir dalam tiga varian yakni P20, P20 Plus dan P20 Lite.

Ketiga smartphone tersebut akan disokong dengan tiga kamera, meski posisinya berbeda. Menurut laporan sebelumnya, tiga kamera belakang smartphone Huawei akan memiliki resolusi 40 megapixel, dan "hybrid zoom 5x".

Secara teoritis konsep tersebut memang akan menghasilkan jepretan yang bagus, meski hasilnya belum dapat dipastikan sepenuhnya. Sayangnya tak ada bocoran lain terkait chipset maupun spesifikasi lainnya untuk jajaran P20.

Nokia 9

HMD Global juga tak ketinggalan untuk merilis smartphone Nokia terbarunya di MWC 2018. Gambar yang berdar belum lama ini menunjukkan Nokia 9 dirancang dengan layar melengkung (edge) baik disisi kanan maupun kiri seperti Galaxy S7 Edge.

Nokia 9 akan hadir dengan bezel cukup tipis baik di bagian bawah maupun atas ponsel. Flagship Nokia ini disebut akan memiliki layar berbentang 5,5 inci yang diproduksi oleh LG. Dapur pacunya menggunakan chipset Snapdragon 835.

Untuk kamera, Nokia 9 hadir dengan dual lensa beresolusi 12 dan 13 megapixel. Sementara untuk aktivitas selfie, HMD Global kabarnya menyematkan lensa dengan resolusi 5 megapixel.

Sony Xperia XZ2

Menurut Evan Blass, Sony akan mengumumkan Xperia XZ2 dan XZ2 Compact dalam MWC 2018. Xperia XZ2 sendiri disebut Blass akan hadir dengan layar 5,7 inci, sementara varian Compact hadir dengan layar yang lebih kecil yakni berbentang 5 inci.

Kedua smartphone Sony itu disebut akan disokong dengan chipset Snapdragon 845 dan berjalan dengan Android Oreo. Untuk fitur kamera, Sony akan menyematkan lensa 19 megapixel dengan ukaan f/1,8.

Smartphone Xperia itu juga akan didukung sensor pemindai sidik jari di bagian belakang.

Selain ukurannya, XZ2 tampaknya akan menawarkan kaca di kedua sisi ponsel serta dukungan wireless charging. XZ2 Compact sendiri hadir dengan case polycarbonate namun tanpa dukungan charging nirkabel.

Asus ZenFone 5

Asus telah mengonfirmasi akan merilis Zenfone 5 pada 27 Februari dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona. Smartphone itu akan dikemas dalam desain unibody dan layar 18:9 yang kemungkinan berukuran 5,7 inci.

Dengan membawa nama internal X00PD, smartphone tersebut akan membawa kamera ganda di bagian belakang. Berbeda dari pendahulunya Zenfone 4, kamera ganda tersebut disusun secara vertikal, bukan menyamping, mirip seperti ponsel andalan Apple iPhone X.

Gambar yang diduga merupakan ZenFone 5 juga telah meruak ke publik dan menunjukkan tampilannya seperti iPhone X. Notch pada ZenFone 5 sendiri ditujukan untuk memposisikan kamera depan dan earpiece.

Dalam gambar yang bocor, ZenFone 5 juga tak memiliki tombol home fisik. Ini menjadi indikasi bahwa smartphone tesebut akan memiliki sensor sidik jari di bagian belakang atau di layarnya. (lnm).

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini