nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Observatorium Teleskop Terbesar di Dunia Kini Diambil Alih UCF, Apa Sebabnya?

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 15:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 56 1864895 observatorium-teleskop-terbesar-di-dunia-kini-diambil-alih-ucf-apa-sebabnya-LulLCUHAOz.jpg (Foto: AP)

JAKARTA - Sebuah konsorsium yang dipimpin tim University of Central Florida (UCF) di Orlando akan mengambil alih pengelolaan Observatorium Arecibo di Puerto Rico yang merupakan rumah bagi salah satu teleskop radio terbesar di dunia. National Science Foundation (NSF) di Alexandria, Virginia, telah mencari badan lain untuk mengambil alih menjalankan fasilitas ikonis sejak tinjauan tahun 2006.

Dilansir dari Sciencemag, NSF telah menghabiskan USD8 juta dalam setahun untuk menjalankan Arecibo dengan tambahan yang ditawarkan NASA mencapai USD3,6 juta lagi. Berdasarkan perjanjian yang ditandatangani, pada 1 Oktober 2022 kontribusi NSF akan menyusut menjadi USD2 juta per tahun.

Baca: Fakta Tentang Roket Falcon Heavy SpaceX

UCF akan menyelesaikan pengalihan tersebut pada 1 April. UCF juga telah bekerja sama dengan Metropolitan University di San Juan dan Yang Enterprises di Oviedo, Florida, sebuah perusahaan yang memiliki kontrak dengan Angkatan Udara NASA dan AS untuk mengoperasikan dan memelihara fasilitas.

Pengguna piringan radio 305 meter merupakan astronom, ilmuwan planet, dan fisikawan atmosfer. Arecibo masih menjadi alat ilmiah yang hebat bahkan di usia yang menginjak 54 tahun. Ulvestad mengatakan bahwa Arecibo adalah ikon teknologi yang sangat penting dalam komunitas yang kurang terlayani.

Beberapa ilmuwan merasa senang karena Arecibo akan mengalami penutupan dengan komitmen manajemen yang baru untuk melanjutkan dan memperluas keunggulan ilmiah. Sementara Robert Kerr, mantan Direktur Aricebo, merasa kecewa dengan divestasi tragis dan ilusi di NSF, karena ini merupakan kerugian untuk yayasan dan penelitian serta pengembangan ilmiah.

Baca juga: Ini Pesawat Luar Angkasa Paling Cepat di Dunia

NSF melihat kesepakatan dalam bagian UCF, mungkin berupaya mencari pendanaan alternatif untuk teleskop yang mengalami penuaan lainnya. Sementara itu, pada tahun 2012 sebuah komite peninjau merekomendasikan agar badan tersebut menaikkan dana untuk Green Bay Telescope 100 meter di bagian barat Virginia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini