Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Adu Spesifikasi Galaxy S9 dan iPhone X, Mana Lebih Unggul?

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 12:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 26 57 1864798 adu-spesifikasi-galaxy-s9-dan-iphone-x-mana-lebih-unggul-WAok96CiB3.jpg (Foto: Readers Fusion)

JAKARTA – Samsung telah meresmikan duo smartphone terbarunya, Galaxy S9 dan S9+ di Barcelona. Ini turut menambah jajaran smartphone premium Samsung untuk menyaingi flagship Apple yakni iPhone X.

Dari sisi spesifikasi, berbagai smartphone premium tentu mengusung teknologi tercanggih ketimbang smartphone kelas lainnya. Pun begitu dengan Galaxy S9 dan iPhone X. Lantas apa bedanya kedua flagship tersebut?

Berikut Okezone rangkum perbandingan spesifikasi Galaxy S9 dan iPhone X.

Fotografi dan Video

Fitur foto dan video menjadi fitur unggulan yang diusung oleh Samsung pada kedua smartphone terbarunya. Galaxy S9+ sendiri mengusung dual kamera yang dengan lensa berjenis wide-angle dan telephoto.

Baca: Samsung Resmikan Galaxy S9 dan S9+, Ini Spesifikasinya

Konsep tersebut juga diadopsi Apple pada iPhone X. Galaxy S9+ memiliki dual kamera dengan resolusi masing-masing 12 megapixel. Tak hanya resolusinya yang sama, posisi lensa juga menyerupai iPhone X yang ditempatkan secara vertikal.

Baik kamera Galaxy S9+ maupun iPhone X memiliki kemampuan yang sama untuk memotret gambar dalam kondisi minim cahaya. Yang menjadi perbedaan besar yakni hadirnya dual aperture pada duo Galaxy S9.

Samsung menyematkan dual aperture, salah satunya f/1.5 yang memungkinkan lenda menangkap lebih banyak cahaya. Sementara Apple hanya membekali aperture f/1.8 untuk iPhone X.

Layar dan Desain

Layar yang lega memang tengah menjadi tren smartphone saat ini. Desain itupun telah diadopsi Samsung pada banyak smartphone-nya.

Kini desain tersebut juga melengkapi Samsung Galaxy S9 dan S9+ dengan layar 5,8 dan 6,2 inci. Dengan desain tersebut S9+ memiliki bobot yang lebih besar yakni 189 gram, sementara S9 163 gram.

iPhone X sendiri hadir dengan layar 5,8 inxi yang juga berteknologi Super Amoled. Meski sama-sama tampil dengan bezel super tipis, iPhone X menggunakan “notch” atau komponen yang menutupi layar sedikit bagian layar untuk menopang berbagai sensor.

Notch sendiri tak diadopsi oleh Samsung untuk duo Galaxy S9. Sebagai gantinya, Samsung menggunakan bezel yang tipis baik dibagian bawah maupun atas ponsel dengan bentang layar yang lega.

Performa

Duo Galaxy S9 disokong dengan chipset Snapdragon 845 untuk handset yang akan dipasarkan di Amerika Serikat (AS). Sementara di pasar lainnya, Galaxy S9 akan menggunakan chipset Exynos besutan perusahaan. Chipset tersebut akan membuat smartphone mampu berjalan dengan kecepatan 2.8GHz.

Disisi lain, iPhone X hadir dengan chipset A11 Bionic yang dirakit oleh Apple. Chipset itu disebut memiliki kecepatan sekira 2.4GHz. Meski kecepatannya dibawah Galaxy S9, secara historis perangkat Apple mamang unggul ketimbang smartphone lainnya.

Sayangnya, Galaxy S9 sendiri baru dirilis sehingga masih diperlukan pengujian lain untuk membandingkannya.

Fitur dan Keamanan

Apple memang tak pernah memberikan kemungkinan kepada pelanggannya untuk menambahkan memori eksternal. Namun bagi Samsung dukungan itu merupakan hal yang lumrah sehingga setiap smartphone-nya dilengkapi slot MicroSD.

Untuk Galaxy S9, Samsung menyematkan memori internal mulai dari 64GB dan dapat di tambahkan dengan memori eksternal hingga 400GB. Sementara iPhone X memiliki penyimpanan built-in dengan kapasitas hingga 256GB. Selebihnya, pengguna bisa memanfaatkan layanan cloud seperti iCloud atau Dropbox.

Baca juga: Layar iPhone X vs Note 8, Mana Lebih Tangguh?

Untuk fitur keamanan, tampaknya iPhone X masih unggul dengan teknologi TrueDepth Camera. Duo Galaxy S9 sendiri mengusung fitur pemindai sidik jari serta iris. Meski penggunan pemindai iris sama dengan Face ID di iPhone X, yakni dengan menghadapkan wajah ke kamera, teknologi Apple masih dianggao lebih unggul.

Fitur menarik lain yakni hadirnya emoji animasi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna iPhone X dan GalaXy S9. Samsung sendiri baru mengusung fitur ini pada smartphone terbarunya yang dirilis di MWC 2018. Demikian seperti dilansir Bloomberg, Senin (26/2/2018). (lnm).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini