5 Perbedaan Spesifikasi Galaxy S9 dan S9+

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 57 1864890 5-perbedaan-spesifikasi-galaxy-s9-dan-s9-jgDrwYR2eJ.jpg (Foto: Tech Radar)

JAKARTA – Galaxy S9 dan S9+ telah diluncurkan oleh Samsung di Barcelona. Duo smartphone terbaru Samsung itu sebagaimana rumornya hadir dengan tampilan yang hampir serupa dengan Galaxy S8.

Galaxy S9 dan S9+ juga tampak hampir serupa jika dilihat sekilas. Meski begitu, beberapa desain dirancang berbeda oleh Samsung.

Tak hanya itu, dari sisi jeroannya pun duo smartphone ini memiliki perbedaan. Berikut Okezone rangkum 5 perbedaan spesifikasi Galaxy S9 dan S9+, dirangkum dari berbagai sumber.

Desain

Desain Galaxy S9 dan S9+ tampak sama sebagaimana duo pendahulunya. Kedua smartphone ini dibekali sertifikasi IP68 yang artinya dapat digunakan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Keduanya memiliki pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang ponsel, tepat dibawah kamera. Galaxy S9 didesain dengan kamera tunggal, sementara S9+ memiliki dual kamera.

Dari segi dimensi, Galaxy S9 dirancang 147.7mm x 68.7mm x 8.5mm dengan bobot di 163 gram. Sementara varian S9+ dirancang dengan dimensi 158.1mm x 73.8mm x 8.5mm dan bobot 189 gram. Konsep tersebut membuat Galaxy S9+ tampil lebih panjang dan lebar.

Display

Galaxy S9 dan S9+ secara teknis memiliki tampilan yang sama dengan dukungan Quad HD + Infinity Display. Keduanya juga menggunakan display Super Amoled yang dirancang oleh Samsung sendiri.

Pembedanya, Galaxy S9+ mengusung layar 6,2 inci sementara S9 hanya 5,8 inci. Dari sisi tampilan, kedua smartphone memang menyajikan tampilan yang sama berkat dukungan teknologi OLED. Alhasil hanya ukuran layar saja yang membuatnya berbeda.

OS dan Performa

Kedua smartphone terbaru Samsung ini berjalan dengan chipset yang sama yakni Snapdragon 845 yang mampu menjanjikan kecepatan hingga 2.8GHz. Namun smartphone yang dipasarkan di luar Amerika Serikat (AS) akan menggunakan chipset Exynos 9810 dengan kecepatan 2.7GHz yang dikembangkan oleh Samsung.

Yang menjadi pembeda yakni RAM yang dimiliki S9 sebesar 4GB, dikombinasikan dengan memori internal 64GB. Sementara Galaxy S9+ hadir dengan RAM lebih besar yakni 6GB yang dikombinasikan dengan media penyimpanan internal 128GB.

Meski begitu, pengguna masih bisa memnambahkan media penyimpanan hingga 400GB dengan memanfaatkan slot microSD. Baik S9 maupun S9+ akan berjalan dengan sistem operasi Android terbaru yakni Oreo.

Kamera

Fitur ini menjadi pembeda utama dari Galaxy S9 dan S9+. Pasalnya Galaxy S9 hanya memiliki kamera tunggal, sementara Galaxy S9+ hadir dengan dual kamera.

Galaxy S9 mengusung lensa beresolusi 12 megapixel. Pun begitu dengan dual kamera S9+, masing-masing beresolusi 12 megapixel dengan lensa jenis wide angle dan telephoto.

Menariknya, kedua smartphone itu hadir dengan dual aperture yakni f/1.5 dan f/2.4. Dengan dukungan aperture tersebut, duo S9 ini mampu menghadirkan gambar menawan meski dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dari sisi hasil gambar, Galaxy S9+ akan mampu memberikan gambar yang lebih lebar berkat lensa wide yang disuguhkannya. Lensa telephoto juga akan membantu Galaxy S9+ mejepret subjek yang berjarak cukup jauh dengan kualitas yang apik.

Sementara untuk kamera depannya, baik Galalxy S9 maupun S9+ memiliki resolusi lensa yang sama 8 megapixel dengan aperture f/1.7.

Baterai

Baterai juga menjadi salah satu fitur pembeda antara Galaxy S9 dan S9+. Varian S9 disokong dengan baterai 3000 mAh.

Sementara Galaxy S9+ disokong dengan baterai lebih besar berkapasitas 3500mAh. Ini kemungkinan sepadan dengan masa pakai baterai antara keduanya dimana S9+ membutuhkan sokongan daya lebih besar berkat fitur pembedanya. (lnm).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini