nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stephen J. Poplawski, Penemu Blender Listrik Pertama

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 07:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 27 56 1865681 stephen-j-poplawski-penemu-blender-listrik-pertama-98wptZETU1.jpg Ilustrasi blender (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Stephen J. Poplawski dikenal sebagai penemu Blender listrik. Ia lahir di Polandia pada 14 Agustus 1885. Saat berusia 9 tahun, orangtuanya berimigrasi ke Racine Wis.

Dilansir dari WisconsinHistory, Poplawski adalah orang pertama yang menaruh pisau pemintal di dasar wadah. Ia mendirikan Stephens Tool Co di tahun 1918, dan pada tahun 1919 ia dipekerjakan oleh Arnold Electric Co. dan mengembangkan mixer susu malted otomatis untuk digunakan di restoran.

Tahun 1922 Poplawski mengajukan paten untuk mixer pertama rancangannya yang memiliki elemen agitasi dipasang di dasar dan disesuaikan untuk dihubungkan dengan pengaduk dalam cangkir saat cangkir diletakkan di bagian atas pangkal.

Blender ini dikenal di Amerika Serikat dan sebuah alat pengaman cairan di Inggris. Ini memiliki wadah minuman dengan aligator berputar yang diletakkan di atas dudukan merisi mesin yang mendorong baling-baling. Hal ini memungkinkan minuman tercampur di dalam dan memang dirancang untuk membuat minuman.

Baca juga: Perkenalkan Dr. Basch, sang Penemu Alat Ukur Tenanan Darah

Selama tahun 1920-an Poplawski mengajukan beberapa paten untuk mesin semacam ini dan Arnold menjadi pemimpin dalam perusahaan dan pembuatannya. Tahun 1926 perusahaan tersebut dijual ke Hamilton Beach Manufacturing Co. dan Poplawski bergabung dengan perusahaan tersebut.

Pada tahun 1933 Poplawski mulai bekerja sendiri untuk menciptakan blender yang digunakan di rumah daripada penggunaan komersial. Pada akhirnya, Poplawski membentuk Stephen Electric Co., dan pada tahun 1940 ia kembali mematenkan mixer rumah tangga untuk dapur keluarga.

Baca juga: Evangelista Torricelli sang Penemu Alat Pengukur Tekanan Atmosfer

Kemudian pada 28 Januari 1946, mesin tersebut ia beri nama Osterizer saat ia menjual bisnisnya tersebut ke John Oster Manufacturing Co. Ia pensiun pada tahun 1946 setelah penjualan tersebut dan meninggal di Racine pada 9 Desember 1956.

Sebelumnya pada tahun 1910, Poplawski sempat mendesain beberapa peralatan dapur yang kemudian desainnya tersebut diproduksi oleh Hamilton Beach Manufacturing Company.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini