nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bulan di Luar Angkasa, Astronot NASA Mendarat di Kazakhstan

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 56 1865918 5-bulan-di-luar-angkasa-astronot-nasa-mendarat-di-kazakhstan-9DEyGE19hS.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA – Dua astronot Amerika Serikat (AS) dan satu kosmonot Rusia telah yang beranjak dari stasiun luar angkasa (ISS) telah mendarat di Kazakhstan. Ketiganya telah melangsungkan misi selama 5,5 bulan sebagaimana disebutkan oleh NASA.

Para astronot tersebut menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz untuk kembali ke Bumi. Dilansir Reuters, Soyuz membawa pulang Joe Acaba dan Mark Vande Hei, dari Administrasi Aeronautika dan Antariksa AS serta, Alexander Misurkin, dari badan antariksa Rusia Roscosmos.

Baca: 3 Astronot Pembawa Misi Luar Angkasa Soyuz MS-06 Mendarat Selamat di Kazakhstan

Kapsul yang membawa ketiga astronot itu mendarat di padang rumput yang tengah dihujani salju sekira 144,8 km dari pusat kota Zhezkazgan pukul 8.31 waktu setempat.

Alexander Misurkin sendiri menjadi orang pertama yang keluar dari pesawat Soyuz. Saat hendak keluar pesawat, Misurkin dibantu oleh tim dari search and recovery Rusia. Acaba lantas menyusul dengan wajah sumringah seraya mengacungkan jempolnya.

Ketiga astronot itu telah menghabiskan selama 168 hari di stasiun luar angkasa. Mereka merupakan bagian dari Expedition 54 yang dirancang untuk memungkinkan penelitian biologi dan bioteknologi, demonstrasi teknologi, astrofisika, dan ilmu material.

Penelitian dilakukan terhadap resistensi antibiotik bakteri pada gaya berat mikro dan sinar matahari di Bumi juga dilacak dari luar angkasa.

Baca juga: Apakah Astronot Melihat Fenomena Gerhana Bulan?

ISS sendiri merupakan satelit buatan yang dapat dihuni dan pertama kali diluncurkan ke orbit pada tahun 1998. ISS memiliki modul bertekanan yang dipasang pada 2011.

Stasiun luar angkasa itu diharapkan mampu digunakan hingga 2028 dan berfungsi sebagai laboratorium penelitian. Demikian dilansir Independent, Rabu (28/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini