nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Sejarah Penggiling Daging yang Ada Sejak Era 1800

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 19:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 28 56 1866121 mengulik-sejarah-penggiling-daging-yang-ada-sejak-era-1800-RwmViOArju.jpg Ilustrasi penggiling daging (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Meat Grinder atau penggiling daging ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Ini melibatkan kebutuhan dalam menghaluskan daging agar sesuai yang diinginkan. Sebelum adanya penggiling daging, orang menggunakan benda yang berbeda untuk mengolah daging sesuai ukuran atau tekstur.

Dilansir dari Bereviews, Karl Friedrich Christian Ludwig Freiherr Drais von Sauerbronn, lahir di Jerman pada 1785. Ia menemukan dan mengembangkan daging penggiling pertama tahun 1800-an dengan cara yang lebih kasar dibanding penggiling modern saat ini.

Sebagai orang yang melihat kebutuhan akan inovasi, ia menemukan berbagai alat kontroversi seperti mesin tik 25 kunci, quadricyle bertenaga pedal, dan mesin stenotype. Tapi, penemuan yang benar-benar membuatnya terkenal ialah penggiling daging.

Dahulu, orang menggiling daging menggunakan sendok atau pisau, khususnya pisau yang tajam untuk memotong daging dan menjadi potongan kecil. Lalu saat pertama kali dikembangkan, penggiling daging akan memproses daging dengan memasaknya melalui plat logam yang memiliki beberapa lubang kecil.

Baca juga: Abad ke-17, Kursi Roda Banyak Digunakan oleh Orang Kaya

Versi awal dari penggiling daging dipegang oleh tangan yang memungkinkan seseorang dapat lebih mudah menggiling dibandingkan menggunakan pisau atau sendok. Dengan adanya penggiling daging ini dapat memastikan orang-orang tidak merasa terlalu lelah saat melakukannya.

Selain digunakan untuk menggiling daging, ternyata orang-orang menemukan cara baru untuk menggunakan penggiling tersebut. Kembali di akhir 1800-an, Seorang dokter Amerika memikirkan gagasan untuk menggunakan penggiling daging sebagai alat untuk membuat pasta. Gagasan ini pun menjadi populer di negara tersebut.

Baca juga: Alat Deteksi Kebohongan Sudah Ada Sejak Abad ke-18

Seiring berjalannya waktu, penggiling daging melakukan beberapa inovasi yang membuatnya lebih mudah digunakan. Tak lama setelah itu, penggiling daging pun dikembangkan menjadi penggiling daging yang menggunakan listrik. Hal ini tentunya semakin membantu karena daging akan tergiling secara otomatis.

Saat ini, penggiling daging menggunakan listrik memungkinkan orang untuk menggiling lebih cepat, mudah, dan akurat. Berbagai plat logam, pisau, dan berbagai ukuran melengkapi penggiling daging listrik, sehingga memungkikan dapat mengontrol seberapa besar atau kecilnya ukuran yang diinginkan.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini