Spesifikasi Lengkap ZenFone 5 dan 5z yang Tampil ala iPhone X

Lely Maulida, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 11:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 28 57 1865831 spesifikasi-lengkap-zenfone-5-dan-5z-yang-tampil-ala-iphone-x-kMudz3q6jm.jpg (Foto: Lowyat)

JAKARTA Asus telah mengumumkan smartphone terbarunya berseri ZenFone 5 dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Taiwan itu merilis tiga smartphone yakni ZenFone 5, ZenFone 5z dan ZenFone 5 Lite.

Sebagaimana rumor yang berkembang sebelumnya, ZenFone 5 mengusung desain ala iPhone X. Layarnya hampir tanpa bezel serta menggunakan “notch” untuk menopang komponen pendukung seperti sensor dan kamera depan.

Baca: Asus ZenFone 5 Punya Layar ala iPhone X?

Konsep tersebut diusung Asus pada ZenFone 5 dan ZenFone 5z. Keduanya menampilkan case logam serta kaca yang melengkung.

ZenFone 5 dan 5z juga didukuing dengan kecerdasan buatan (AI) baik untuk bermain game maupun untuk aktivitas fotografi. Tak hanya itu, duo tersebut juga disokong dengan AI ringtone yang akan menyesuaikan volume berdasarkan lingkungan sekitar pengguna.

Fitur menarik lainnya yakni ZeniMoji, yang memungkinkan pengguna menciptakan avatarnya sendiri. Ini turut menjadi fitur yang membuat ZenFone 5 dan 5z mirip iPhone X.

Meski sama dari sisi tampilannya, ZenFone 5 dan ZenFone 5z memiliki RAM dan media penyimpanan yang berbeda. Spesifikasi ZenFone 5 didukung dengan layar IPS 6,2 inci dengan rasio aspek 19: 9. Notch yang diusung ZenFone 5 sendiri lebih kecil ketimbang iPhone X yakni sekira 26%.

Dapur pacunya disokong dengan chipset Snapdragon 636 yang dirancang dengan oemrosesan 14nm. ZenFone 5 hadir dengan dua varian RAM yakni 4GB dan 6GB yang dikombinasikan dengan penyimpanan internal 64GB.

Kameranya memiliki resolusi 12 megapiksel yang didukung dengan sensor Sony IMX363, aperture f / 1.8, serta OIS. Anda juga bisa menggunakan kamera keduanya yang mampu mengambil view hingga 120 derajat.

Sayangnya resolusi kamera kedua ZenFone 5 belum diungkap oleh perusahaan. Untuk aktivitas selfie, Anda bisa memanfaatkan kamera beresolusi 8 megapiksel dengan aperture f / 2.0.

ZenFone 5 juga performanya didukung oleh baterai yang pengisian dayanya didukung dengan AI. Kecerdasan buatan tersebut dirancang untuk melipatgandakan masa pakai baterai. Smartphone ini berjalan dengan AS Android Oreo serta antarmuka ZenUI 5.0.

Baca juga: Asus Bikin Smartphone Gaming Bermerek ROG?

ZenFone 5z sendiri mengusung spesifikasi yang hampir sama dengan ZenFone 5. Bedanya, ZenFone 5z ditenagai dengan chipset Snapdragon 845 yang dikolaborasikan dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Flagship Asus juga hadir dalam beberapa varian yakni RAM 6GB dengan media penyimpanan 64GB, serta RAM 8GB dengan media penyimpanan 128GB. Demikian seperti dilansir GSM Arena, Rabu (28/2/2018). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini