nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Facebook Dorong Perempuan Terlibat dalam Pengembangan Game

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 11:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 207 1866378 facebook-dorong-perempuan-terlibat-dalam-pengembangan-game-ViK0dwjCTf.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Facebook meluncurkan inisiatif dengan tujuan agar lebih banyak perempuan terlibat dalam pengembangan video game. Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini mendorong peran perempuan melalui koneksi komunitas.

Dilansir Gameinformer, Kamis (1/3/2018), raksasa media sosial ingin mendorong perempuan di lapangan dengan memanfaatkan koneksi komunitas dan menyoroti kisah sukses. Perusahaan berusaha untuk menangani fakta bahwa perempuan kurang terwakili dalam industri game dan ingin mendukung perempuan tertarik untuk masuk ke lapangan.

Bagian dari inisiatif ini adalah serangkaian video dari kreator berjenis kelamin perempuan di industri ini dengan menggunakan hashtag #SheTalksGames. Sejauh ini, dua puluh video telah dirilis dan tampaknya perusahaan memiliki target untuk mem-posting seratus video yang berkaitan dengan hashtag tersebut.

Seri video mewawancarai perempuan dalam berbagai peran di industri game, termasuk eksekutif, sumber daya manusia, seni, pemrograman, desain, dan banyak lagi. Facebook juga bermitra dengan organisasi lain seperti Women in Games dan European Women in Games.

Baca juga: Facebook Banyak Ditinggalkan Pengguna Usia Muda, Ini Kata Pengamat

Facebook tampaknya mulai menunjukkan keseriusan dalam bidang game baru-baru ini. Sebelumnya dilaporkan bahwa perusahaan memperkenalkan Creator Pilot Program. Program ini diperuntukan untuk game streamers yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan uang.

Layanan ini tampaknya serupa dengan Twitch dan YouTube. Perusahaan mendorong lebih banyak kreator livestreaming untuk ikut ke dalam platform.

Banyak pencipta game memonetisasi video mereka secara langsung dari dukungan penggemar penuh mereka, dan kami secara aktif mengeksplorasi cara bagi penggemar untuk mendukung pencipta game favorit mereka melalui pembayaran selama live streaming di Facebook," tulis pengumuman tersebut.

Baca juga: Facebook Bikin Gaming Creator Pilot Program Saingi Twitch & YouTube

Lebih lanjut Facebook mengungkapkan, berdasarkan hasil tes awal, pihaknya akan memperluas dukungan inisiatif monetisasi ke pembuat game yang lebih banyak, termasuk peserta dalam program awal ini.

Mereka yang diterima dalam program pilot ini akan dapat melakukan livestream pada resolusi 1080p/60fps ketimbang 720p/30fps saat ini dengan Facebook Live.

Facebook juga mengatakan bahwa pada program ini, perusahaan akan menyediakan dukungan agar video livestreaming bisa didistribusi lebih luas melalui jejaring sosial bersama dengan Instagram dan Oculus.

Live streaming video game tampaknya digandrungi oleh para gamer yang ingin menunjukkan kebolehan mereka ketika bermain game. Sebelum Facebook mengungkapkan program ini, Twitch dan YouTube sudah lebih dulu muncul.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini