nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peluncuran James Webb Space Telescope Ditunda Akibat Masalah Teknis?

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 04 Maret 2018 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 02 56 1867169 peluncuran-james-webb-space-telescope-ditunda-akibat-masalah-teknis-tt37kDTraW.jpg (Foto: NASA)

JAKARTA - Peluncuran James Webb Space Telescope yang dijadwalkan pada Juni 2019 kabarnya akan tertunda. Peluncuran ini sudah tertunda sejak Oktober 2018.

Government Accountability Office (GAO) di AS juga menyatakan bahwa penundaan tersebut terjadi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mengintegrasikan komponen teleskop daripada yang direncanakan semula.

Dilansir dari TechTimes, badan tersebut juga menambahkan bahwa penundaan peluncuran lebih lanjut berarti proyek tersebut dapat melampaui batas 8 miliar dolar yang telah ditetapkan Kongres pada 2011.

Mengingat beberapa masalah teknis sedang berlangsung dan pekerjaan yang tersisa untuk menguji elemen pesawat luar angkasa dan integrasi lengkap dari teleskop dan pesawat.

Laporan oleh GAO menkatalogkan berbagai isu yang dihadapi Northrop Grumman selama proses perakitan, khususnya masalah tenaga kerja dan tantangan teknis yang dibutuhkan untuk mencapainya. Misalnya, salah satu masalah yang mengkhawatirkan yang muncul saat salah satu tes tersebut meluncurkan kaca depan esensial dari teleskop.

Tahun lalu diketahui juga bahwa delapan dari enam belas katup di pendorong pesawat ruang angkasa tersebut bocor dari tingkat yang dapat diterima. Northrop Grumman menentukan kebocoran itu karena penanganannya salah oleh teknisi.

Baca juga: Mengapa Planet-Planet Tak Bertabrakan di Sistem Tata Surya

Namun hal itu bukan penemuan yang pasti, harus diselidiki, diperbarui dan disambungkan secara terpisah.

Penundaan sebelumnya telah meninggalkan JWST hanya dengan 1,5 bulan jadwal cadangan. Namun, penundaan lebih lanjut kemungkinan besar terjadi. Mengingat GAO menambahkan bahwa dewan pelaksana untuk teleskop akan segera bertemu dan menentukkan apakah masih dapat memenuhi tanggal peluncuran pada Juni 2019.

Baca juga: 4 Fenomena Alam yang Akan Membuat Anda Menahan Napas

James Webb Space Telescope yang merupakan mantan administrator NASA akan menjadi teleskop inframerah besar dengan cermin utama berukuran 6,5 meter. Ini akan menjadi observatorium utama dekade berikutnya dan akan melayani ribuan astronom di seluruh dunia.

Teleskop akan mengamati setiap tahap dalam sejarah alam semesta termasuk cahaya pertama yang mengikuti Big Bang. Penciptaan sistem bintang yang memiliki kemampuan unutk mendukung kehidupan di planet seperti Bumi juga evolusi sistem Matahari.

James Webb Space Telescope adalah sebuah kolaborasi internasional antara NASA, Canadian Space Agency dan European Space Agency.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini