nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Gunting Kuku yang Dahulu Mirip Alat Pengupas Buah

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Jum'at 02 Maret 2018 18:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 02 57 1867023 sejarah-gunting-kuku-yang-dahulu-mirip-alat-pengupas-buah-3himduRqiV.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Gunting kuku biasanya terbuat dari stainless steel, tetapi terkadang juga terbuat dari plastik dan aluminium. Dua jenis umumnya adalah tipe plier dan tipe tuas majemuk.

Kebanyakan gunting kuku biasanya dibuat dengan alat lain yang terpasang, yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada kuku. Dilansir dari Wikipedia, paten pertama kali untuk pemotong kuku jari diajukan oleh Valentine Fogerty di Inggris, kemudian paten berikutnya untuk perbaikan pemotong kuku diajukan oleh William C. Edge pada 1876.

Lalu Eugene Heim dan Clestin Matz pada 1881 dan yang terakhir oleh Chapel S. Carter di 1905. Sekira 1913, Carter yang merupakan sekretaris H.C. Cook Company mengklaim pemotong kuku sebagai penemuannya.

Pada 1947, William E. Bassett mengembangan pemotong kuku dengan menggunakan metode manufaktur modern yang pada saat itu desainnya sudah ada sejak abad ke-19. Namun, ia menambahkan dua nib di dekat pangkalnya untuk mencegah gerakan lateral, selain itu ia juga menambahkan semacam jempol di tuasnya.

Baca juga: Daftar Penemu Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Saja?

Pemotong kuku generasi awal tampak seperti pinset besar yang digunakan untuk menggunting kuku dengan cara diremas. Karena kesulitan penggunaan itulah para penemu mulai memperbaiki desain terhadap pemotong kuku.

Masa kejayaan gunting kuku benar-benar melonjak pada 1940-an ketika Willian E. Bassett dari Connecticut membuat alat penggunting kuku yang lebih murah dan sedikit lebih mudah digunakan. Teknik manufaktur yang lebih baik dan diperoleh dari perusahaannya yang membuat komponen artileri untuk Angkatan Darat. Selain itu, ia juga memodifikasi desain kecil yang dapat mempermudah penggunanya.

Baca juga: Mikhail Kalashnikov sang Penemu AK-47 yang Menyesali Inovasinya

Petunjuk yang lebih baik tentang bagaimana gunting kuku sebelumnya ialah desainnya yang juga mirip dengan alat pengupas wortel atau apel. Jika Anda pernah mengupas wortel, seperti itulah kuku di potong sebelum adanya gunting kuku modern.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini