nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samuel Colt, Pencipta Senjata Revolver Sejak 1873

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 14:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 05 56 1868003 samuel-colt-pencipta-senjata-revolver-sejak-1873-J8DLLlityS.jpg Ilustrasi senjata colt revolver (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Samuel Colt dikenal sebagai penemu dan industrialis yang menciptakan revolver. Revolver ciptaannya terutama model Peacemaker kalibre 45 yang diperkenalkan pada 1873.

Dilansir dari Biography, Colt lahir di Hartford, Connecticut pada 19 Juli 1814. Ia bekerja di teknologi kapal selam sebelum desainnya untuk sebuah pistol dengan peluru berputar dan ditugaskan dalam jumlah banyak oleh Amerika Serikat unutk Perang Meksiko.

Pabriknya akan memasok senjata untuk Perang Saudara dan juga mempopulerkan konsep manufaktur bagian yang dapat dipertukarkan di industri lain. Selain itu Colt merupakan salah satu dari delapan anak produsen tekstil Christopher Colt dan Sarah Caldwell Colt.

Colt muda selalu tertarik pada mekanika dan sering membongkar barang untuk melihat bagaimana mereka bekerja. Di usianya yang menginjak 16 tahun, ia masuk dan kemudian dikeluarkan dari Amherst Academy di Massachusetts, di mana ia belajar navigasi.

Baca juga: Antonie Philips sang Kreator Lensa Optik yang Temukan

Tahun 1830, Colt berlayar ke Corvo sebagai pelaut dan itu menjadi pertama kalinya ia terpesona dengan cara roda bekerja. Dari gagasan itulah, ia mengukir sebuah prototype kayu yang akan menghasilkan penemuan senjata api tipe rotasi dengan silinder enam barel.

Colt mematenkan pisau bergulir di Eropa pada 1835 dan di Amerika Serikat di tahun berikutnya. Gagasan tersebut tidak segera diterima dengan pemilik senjata yang tidak mau melepaskan senapan dan pistol terpercayanya.

Di 1836 ia membangun pabrik pertamanya di Paterson, New Jersey dan di usia 22 tahun ia membuktikan dirinya sebagai pengusaha dan promotor yang cerdas. Namun, penjualan yang lambat memaksanya untuk mengalihkan perhatiannya ke tempat lain.

Baca juga: Heinrich Hertz, Fisikawan yang Buktikan Gelombang Elektromagnetik

Colt pun merancang sebuah tambang angkatan laut yang diberhentikan secara elektrik, perangkat pertama yang menggunakan bahan peledak yang dikendalikan dari jarak jauh.

Pada 1845, pemerintah AS mendengar milisi garis depan bahwa senjata api Colt merupakan senjata yang tidak memerlukan reload yang konstan dan ini sangat berperan dalam mengalahkan orang-orang India di Texas. Di tahun berikutnya, ia dan Kapten Angkatan Darat merancang senjata lebih efektif lagi yang mendorong pemerintah untuk memesan 1.000 dari pistol tersebut.

Colt terus menemukan bahan peledak tambahan Angkatan laut yang dikendalikan jarak jauh. Ia membantu penemu telegram, Samuel Morse menjalankan jalur telegram di bawah saluran air dengan penemuan kabel tahan air.

Colt meninggal di usia 47 tahun pada 10 Januari 1862 dan dimakamkan di Cedar Hill Cementery yang dilaporkan kawasannya bernilai USD15 juta.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini