nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kominfo & Operator Seluler Blokir Tumblr, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 14:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 06 207 1868591 kominfo-operator-seluler-blokir-tumblr-ada-apa-ngLTjXUlsQ.jpg Ilustrasi Tumblr (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Semenjak pagi hari ini, Selasa (6/3/2018), warganet Indonesia mengeluhkan bahwa salah satu situs microblogging populer, Tumblr, diblokir. Melalui Twitter, warganet pun meminta penjelasan dari para operator selular serta pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengenai pemblokiran tersebut.

Salah satu pengguna twitter, yakni @nadzifalaqol pun merasa geram dan melayangkan keluhannya perihal pemblokiran ini langsung ke pihak operator, dalam hal ini Telkomsel. “Unsur negatifnya di mana, bro? Ini Tumblr buat nulis dan ngasah kreativitas kok. Buset Indonesia.”

Melihat keluhan itu, salah satu admin media sosial Telkomsel di Twitter pun menanggapinya. Mereka menjelaskan bahwa pemblokiran ini diduga karena ada unsur atau konten negatif. Baik.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Seperti yang sudah dijelaskan oleh rekan kami sebelumnya bahwa pemblokiran suatu website dikarenakan adanya unsur atau konten negatif. Terima kasih. -Dika.”

Baca juga: Pendiri dan CEO Tumblr Resign Tanpa Alasan, Kenapa?

Ternyata setelah ditelusuri, pemblokiran ini tidak terjadi kepada para pengguna Telkomsel saja. Melainkan, para penyedia jasa internet lain seperti Ooredoo, XL Axiata, Firstmedia, dan lainnya pun memblokir laman tersebut.

Mendengar banyak keluhan ini, tim Kemenkominfo pun memberikan tanggapannya. Melalui akun Twitter resmi mereka, @kemkominfo, mereka menjelaskan alasan dan kronologi pemblokiran Tumblr.

1. Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos Tumblr dot com dan aplikasinya.

“Ditemukan pula bahwa Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila.”

2. Ditemukan pula bahwa T*mb*r tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila.

— Kementerian Kominfo (@kemkominfo) March 6, 2018

Baca juga: Saring Konten Porno, Tumblr Gulirkan Safe Mode

3. Pada 28 Februari 2018, Tim Aduan Konten kemudian mengirimkan notifikasi melalui email kepada Tumblr dan meminta Tumblr untuk membersihkan platformnya dari konten-konten asusila, dengan batas waktu penanganan maksimum 2 x 24 Jam.

4. Sampai lewat batas waktu yang diberikan tersebut, tidak ada respon dari Tumblr, sehingga dilakukan tindakan pemblokiran terhadap 8 DNS Tumblr pada hari Senin 5 Maret 2018 sore.

Sekadar informasi, sebelumnya pada Februari 2016 lalu Kemenkominfo sudah memiliki rencana untuk memblokir Tumblr. Sayangnya, mereka batal melakukan pemblokiran tersebut, tanpa memberikan alasan apapun.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini