nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagaimana Progres Palapa Ring Tengah dan Timur?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 07:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 07 207 1868929 bagaimana-progres-palapa-ring-tengah-dan-timur-KsO3KXFZo2.jpg Anang Latif, Dirut Bakti (Foto: Ahmad Luthfi/Okezone)

NATUNA - Palapa Ring Barat telah selesai 100 persen. Rencananya 24 Maret 2018 pemantauan atau peresmian langsung akan dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Bagaimana dengan progres Palapa Ring Tengah dan Timur?

Dalam paparan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI), Anang Latif di Kabupaten Natuna, Selasa (6/3/2018), Palapa Ring Tengah masih dalam progres 72,55 persen dengan panjang jaringan 2.995 kilometer.

Sementara itu, Palapa Ring Timur masih dalam progres 35,94 persen dengan panjang jaringan 6.878 kilometer. "Yang (Palapa Ring) Tengah, perkiraan kami Agustus tahun ini sudah live, yang Timur akhir tahun live," kata Anang.

Seluruh proyek Palapa Ring menghubungkan puluhan kabupaten, yakni ada 57 kabupaten yang terhubung. Dengan investasi total mencapari sekira Rp8 triliun. Pada 2019 diharapkan seluruh proyek Palapa Ring ini sudah rampung.

Anang mengatakan, ada stability test yang dilakukan selama 28 hari. Hal ini berlaku baik untuk Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur. Khusus Palapa Ring Barat, stability test sudah diselesaikan.

"Palapa Ring Tengah, Timur ada tes 28 hari sebelum mereka menyatakan sistem ini siap," pungkas Anang.

Baca juga: Uji Coba Internet Palapa Ring Barat Capai Kecepatan Download 61,7 Mbps

Sekadar informasi, proyek Palapa Ring menyediakan kabel fiber optik yang memungkinkan penyediaan akses internet yang menjangkau Indonesia wilayah bagian Barat, Tengah dan Timur.

Proyek tersebut telah didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui BP3TI yang kini dinamakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI). Ditargetkan proyek ini rampung tahun depan, di mana kecepatan internet yang cukup tinggi dengan 10 Mbps di wilayah pedesaan dan 20 Mbps di perkotaan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini