nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rudiantara Tegaskan Tidak Ada Kebocoran Data KK

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 20:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 07 207 1869357 rudiantara-tegaskan-tidak-ada-kebocoran-data-kk-sA1aAYZqlj.jpg Ilustrasi SIM Card (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan tidak ada kebocoran data dalam penyelenggaraan registrasi ulang kartu SIM Prabayar. Pasalnya, beberapa hari yang lalu beredar kabar jika ada kebocoran data yang terjadi di dalam penyelenggaraan registrasi ulang SIM prabayar.

"Mengenai kobocoran data, tidak ada kebocoran data," tegas Rudiantara di gedung Menkominfo Rabu (7/3/2018) sore.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bagaimana alur data pendaftaran ulang SIM prabayar. SMS yang dikirimkan oleh pengguna ke operator nantinya akan langsung dikirim ke Dinas Kependudukan dan Catatan Spil (Disdukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Kominfo: Bukan Pencurian, Ada Penyalahgunaan NIK dan KK saat Registrasi Kartu SIM

"Nah kan di Kominfo kan nggak ada database, jadi tak mungkin bocor," lanjutnya.

Dia menduga, data ini dapat dengan mudah ditemukan di internet. Pasalnya, ada beberapa situs yang menyediakan data tersebut, meski kini situs tersebut sudah diblokir oleh Kominfo.

"Bahkan (KK) sudah bisa dicari lewat Google sebelum penyelenggaraan registrasi ulang," jelasnya.

Baca juga: Belum Registrasi, Besok Kita Blokir Outgoing Call

Pria yang akrab dipanggil Cheif RA ini mengatakan, para pelaku penyalahgunaan data ini sebenarnya bisa dikenakan sanksi dengan hukuman yang cukup berat.

"Bisa dikenakan hukuman sampai dengan 2 tahun penjara dan/atau denda Rp 25 juta. Atau bahkan bisa kena UU ITE dengan dengan 12 tahun penjara dan/atau denda Rp 2 miliar," pungkasnya.

Sebelumnya, salah seorang netizen mengadukan jika data miliknya sudah dipergunakan oleh pihak lain. Tidak tanggung-tangguang, data dia digunakan untuk 50 nomor sekaligus. Ini diungkapkan pemilik akun Twitter @anindrastiwi dan menjadi heboh di dunia maya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini