nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selalu Betina, Kucing Calico Ternyata Bisa Jadi Jantan, Kok Bisa?

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 09:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 07 56 1869406 selalu-betina-kucing-calico-ternyata-bisa-jadi-jantan-kok-bisa-pcDQAEYnsS.jpg Kucong Calico (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Banyak orang yang mengatakan bahwa sebagian besar kucing Calico adalah perempuan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Bisakah seekor kucing Calico menjadi laki-laki, maka harus pelajari tentang genetika warna bulu kucing ini.

Dilansir dari The Spruce, kucing Calico bukanlah jenis kucing, ini hanya sebutan untuk kucing yang memiliki pola warna hitam, putih, dan jingga. Jika kucing memiki ketiga warna tersebut dalam bulunya maka disebut kucing Calico.

Seekor kucing Calico yang sebenarnya, memiliki blok besar dari ketiga warna ini. Kenapa kucing Calico mayoritas betina, itu semua dikearenakan faktor genetika. Warna kulit pada kucing adalah sifat yang berhubungan seks, ciri fisik pada warna bulu yang berhubungan dengan jenis kelamin.

Hewan betina memiliki dua kromosom X (XX), jantan memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y (XY). Ciri genetik untuk menampilkan warna hitam atau oranye ditemukan pada kromosom X. Tampilan warnanya oranye atau hitam. Sedangkan pengkodean untuk putih adalah gen yang benar-benar terpisah.


Baca juga: Ternyata Bulan Berukuran Lebih dari Seperempat Bumi

Pada mamalia betina, salah satu kromosom X secara acak dinonaktifkan yang disebut X-inaktivasi di setiap sel. Untuk kucing Calico, campuran acak gen warna yang "on" atau "off" memberi warna oranye dan hitam yang tidak berwarna.

Dengan kata lain, karena betina memiliki dua kromosom X, maka ia dapat "menampilkan" dua warna yang berbeda oranye atau hitam, tergantung X apa yang tidak aktif dan putih. Sehingga menciptakan campuran Calico dan memberikan 3 warna.


Baca juga: Mengapa Hujan Memiliki Aroma yang Khas, Ini Penjelasannya

Sedangkan laki-laki hanya memiliki satu kromosom X, maka hanya memiliki satu gen hitam atau oranye dan hanya bisa menampilkan oren atau hitam ditambah warna putih yang dikontrol oleh gen lain.Warna kulit adalah proses kompleks gen dominan dan non-dominatif yang berinteraksi pada kromosom X, namun itu adalah dasar warna bulu pada kucing belacu.

Pertanyaan mengenai apakah kucing Calico dapat menjadi jantan, jawabannya adalah bisa. Tapi kucing Calico jantan biasanya terjadi karena memiliki kelainan kromosom, yaitu kromosom X dan kromosom Y (XXY). Kucing dengan konfigurasi kromosom seperti ini biasanya steril atau tidak dapat berkembang biak. Hal ini tentunya mirip dengan XXY syndrom yang terjadi pada manusia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini