Perusahaan Induk Snapchat Segera Rumahkan 100 Teknisi, Benarkah?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 08 207 1869752 snap-segera-rumahkan-100-teknisi-benarkah-ikMLBKFw9m.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Snap Inc. yang merupakan perusahaan induk dari Snapchat dikabarkan akan mengurangi jumlah karyawannya. Kabar terbaru mengatakan bahwa mereka akan merumahkan 100 pegawai, yang seluruhnya datang dari tim teknisi.

Sebenarnya, jumlah pengurangan ini dikabarkan cukup kecil dan tidak mengganggu keseluruhan tim. Pasalnya, 100 orang teknisi yang dipecat dikarenakan hanya mewakili kurang dari 10 persen teknisi Snap.

Pengurangan karyawan ini dikabarkan akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu minggu. Namun sayangnya, hingga saat ini, pihak Snap masih bungkam dan enggan memberikan komentar sepatah kata pun.

Memang, jika membandingkan jumlah pekerja saat ini yang mencapai 3.069, pemecatan 100 orang bisa dibilang kecil. Akan tetapi meskipun kecil, tetap saja ini adalah jumlah pemecatan terbesar yang pernah dilakukan oleh Snap.

Snap sendiri telah melakukan pemecatan terhadap puluhan karyawan dari divisi hardware dan HRD pada tahun lalu. Kemudian pada Januari lalu, mereka kembali melakukan pemecatan terhadap belasan karyawan mereka.

Baca juga: Menilik Perjalanan Snapchat yang Pelopori Fitur Stories

Pihak Snap sendiri mengatakan bahwa pemutusan kontrak kerja ini dikarenakan hasil evaluasi para karyawan selama 2017. CEO Snap, Evan Spiegel meminta para manager untuk membuat “keputusan sulit” ini demi menyongsong 2018.

Baca juga: CEO Snapchat Gelar Pesta Mewah Senilai Rp54 Miliar, untuk Apa?

Sebelum melakukan pemecatan, Snap juga dikabarkan memotong jumlah bonus tahunan karyawan mereka dikarenakan jumlah target yang tidak tercapai. Namun mirisnya, Evan malah mendapatkan bonus sebesar USD650 juta atau sekira Rp8,9 triliun dalam bentuk saham.

Sayangnya, hingga saat ini Snap masih mengalami kesulitan dalam menyaingi jumlah pengguna Instagram. Padahal, mereka sudah melakukan perombakan terhadap tampilan aplikasi Snapchat mereka.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini