nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asisten Digital Alexa Bisa Tertawa Sendiri, Kok Bisa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 09 207 1870364 asisten-digital-alexa-bisa-tertawa-sendiri-kok-bisa-7cm1CkZzbz.jpg (Foto: Elaine Thompson/AP)

JAKARTA - Beberapa pengguna Echo Dot dikabarkan takut untuk menggunakan perangkat speaker pintar. Mereka tidak nyaman untuk menggunakan Echo Dot, dikarenakan Alexa, asisten digital yang ada di dalam perangkat dapat tertawa dengan sendirinya tanpa ada perintah apapun.

Salah satu pengguna yang mengalami hal tersebut adalah @CaptHandlebar. Dia mengunggah sebuah video di akun Twitternya, yang memperlihatkan jika perangkat speaker bluetooth JBL miliknya yang tersambung dengan Echo Dot tertawa dengan sendirinya.

“Alexa baru saja memutuskan untuk tertawa dengan sendirinya saat saya berada di dapur. Saya dan teman saya langsung keluar. Saya pikir ada anak-anak tertawa di belakang saya,” jelas @CapHAndlebar seperti dikutip dari laman The Guardian, Jumat (9/3/2018).

Cuitan ini pun mendadak menjadi viral. Saat berita ini ditulis, sudah ada 2,3 juta pengguna menyaksikan video ini, dan setidaknya 1.600 orang telah membagikan cuitan tersebut.

Baca juga: Alexa Bakal Hadir di Kacamata Pintar Berteknologi AR

Saat ditanya, pihak Amazon sebagai perusahaan pembuat dan pengembang Alexa pun sudah memberikan pernyataan mereka. Mereka mengaku sudah mengetahui masalah tersebut.

“Kami sudah mengetahui ini dan akan memperbaikinya,” ujar perwakilan Amazon.

Perusahaan ritel milik Jeff Bezos tersebut beralasan jika hal ini terjadi dikarenakan sebuah frase yang telah dibenamkan dalam Alexa. Frase kata tersebut adalah “Alexa, laugh”.

Baca juga: Hati-Hati! Asisten Digital Rentan Diserang Hacker

Mereka menganggap, sensor di Echo Dot mungkin salah mengira sebuah perintah sehingga menimbulkan suara tertawa tersebut.

Oleh karena itu, pihak Amazon mengaku akan segera memperbaiki perintah tersebut. Mereka kemudian menggantinya dengan frase kata “Alexa, can you laugh?” alias “Alexa, dapatkan kamu tertawa?”.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa pihaknya akan mengganti suara tawa dengan tanggapan yang lain. Hal ini dilakukan untuk memastikan ke depannya para pengguna Echo Dot tidak hanya akan mendengarkan suara tawa, yang pada akhirnya membuat mereka ketakutan.

"Kami juga mengubah respon Alexa dari tawa sederhana ke 'Sure, I can laugh” (tentu, saya bisa tertawa) baru kemudian diikuti suara tawa," kata juru bicara Amazon.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini