nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengguna Android Lebih Setia Dibandingkan Apple Fan Boy

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 207 1870370 pengguna-android-lebih-setia-dibandingkan-apple-fan-boy-HUU7ssipW1.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sebuah fakta terbaru mengenai perilaku pengguna Android dan iOS kembali terungkap. Kali ini, sebuah penelitian mengungkapkan jika para pengguna Android sepanjang 2017 dinilai lebih loyal dibandingkan dengan para pengguna iOS pada tahun yang sama.

Hasil penelitian ini sendiri berhasil didapatkan oleh lembaga riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP). Hal ini dilakukan dengan mengamati 500 pengguna sepanjang 2017.

Mengutip dari laman 9to5mac, Jumat (9/3/2018), CIRP mengatakan bahwa tingkat loyalitas pengguna Android di 2017 berada di tingkat 91 persen. Sedangkan tingkat kesetiaan pengguna iOS berada di bawah para pengguna Android, yakni hanya ada di angka 86 persen saja.

Cara mengukur tingkat kesetiaan para pengguna kedua sistem operasi tersebut dilakukan dengan memantau seberapa lama para pengguna tetap menggunakan perangkat mereka. Pemantauan ini dilakukan selama satu tahun penuh, dan dirangkum setiap empat bulan sekali.

Seperti dapat dilihat dari data di atas, lebih lanjut data tersebut menunjukkan bahwa tingkat loyalitas pengguna Android ada di angka 89 hingga 91 persen sepanjang satu tahun. Sedangkan loyalitas pengguna iOS sepanjang 2017 ada di antara 85 hingga 88 persen.

Para analis pun mengatakan bahwa hasil ini adalah hasil tertinggi yang pernah mereka lihat. Mereka menduga, hal ini dikarenakan kini hanya tersedia dua sistem operasi populer yang tinggal tersedia di pasaran.

Baca juga: Google Bakal Rilis Android P untuk Developer Bulan Ini?

“Pengguna sekarang terlihat lebih memilih satu perangkat, mempelajarinya, serta melihat aplikasi dan penyimpanan, kemudian memilih perangkat tersebut. Kini, tinggal bagaimana Apple dan Google perlu mencari tahu bagaimana cara menjual produk dan layanan mereka ke pelanggan setia ini,” ujar para analis CIRP.

Keunggulan lain dari ekosistem Android adalah banyaknya pilihan perangkat yang bisa pengguna dapatkan. Hal ini memungkinkan para pengguna dapat mengganti perangkat suatu merek dengan merek lain tanpa harus berganti sistem operasi.

Baca juga: Kamera Pintar Google Lens 'Mendarat' di Perangkat Android

Selain itu, para analis CIRP juga mengatakan bahwa masyarakat dunia mayoritas sudah menggunakan smartphone. Jadi, baik Apple maupun Google kini hanya saling kehilangan atau mendapatkan pengguna baru dari masing-masing pihak.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini