Nicolaus Otto, sang Penemu Mesin 4 Tak yang Tak Lulus Sekolah Menengah

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 08:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 09 56 1870404 nicolaus-otto-sang-penemu-mesin-4-tak-yang-tak-lulus-sekolah-menengah-18qcD7znUt.jpg Ilustrasi mesin 4 tak (Foto: writework.com)

JAKARTA - Salah satu hal terpenting dalam desain mesin berasal dari Nicolaus Otto yang pada tahun 1876 telah menemukan mesin motor gas yang efektif. Ini adalah alternatif praktis pertama untuk mesin uap. Otto membangun mesin pembakaran internal empat langkah pertama yang praktis disebut "Mesin Cahaya Otto" dan ketika ia menyelesaikan mesinnya, ia membangunnya menjadi sepeda motor.

Dilansir dari ThoughtCo, Otto lahir pada 14 Juni 1832 dan ia lahir sebagai anak bungsu dari enam bersaudara di Holzhausen, Jerman. Ia memulai sekolahnya pada tahun 1838, enam tahun setelah ayahnya meninggal.

Enam tahun berprestasi, Nicolaus Otto pindah ke sekolah menengah yang berlokasi di Langenschwalbach sampai tahun 1848. Ia tidak menyelesaikan studinya namun dikutip untuk pertunjukan yang baik.

Kepentingan utama Otto di sekolah ialah ilmu pengetahuan dan teknologi, namun ia lulus setelah tiga tahun magang bisnis di sebuah perusahaan barang dagangan kecil. Setelah menyelesaikan magangnya, dia pindah ke Frankfurt tempat ia bekerja untuk Philipp Jakob Lindheimer sebagai salesman, menjual teh, kopi dan gula.

Baca juga: Kisah Blaise Pascal, Matematikawan Penemu Mesin Hitung

Otto segera mengembangkan minat pada teknologi baru hari itu dan mulai bereksperimen dengan membangun mesin empat tak yang terinspirasi oleh mesin pembakaran internal dua langkah yang digerakkan oleh Lenoir.

Pada akhir musim gugur tahun 1860, Otto dan saudaranya mengetahui sebuah mesin gas baru yang didirikan Jean Joseph Etienne Lenoir di Paris. Saudaranya membangun salinan mesin Lenoir dan mengajukan permohonan paten pada bulan Januari 1861. Hal ini dilakukan untuk mesin berbahan bakar cair berdasarkan mesin gas dengan Kementerian Perdagangan Prusia namun ditolak.

Mesinnya hanya berjalan beberapa menit sebelum rusak. Saudara laki-laki Otto menyerah pada konsep yang menyebabkan Otto mencari bantuan di tempat lain. Otto pun bertemu Eugen Langen, seorang teknisi dan pemilik pabrik gula. Otto memilih berhenti dari pekerjaannya, dan pada tahun 1864 duo ini memulai perusahaan manufaktur mesin pertama di dunia N.A.

Pada tahun 1867, pasangan ini dianugerahi Medali Emas di Pameran Dunia Paris untuk mesin gas atmosfir mereka yang dibangun setahun sebelumnya. Pada bulan Mei 1876, Nicolaus Otto membangun mesin pembakaran internal piston empat langkah praktis pertama.

Baca juga: Samuel Colt, Pencipta Senjata Revolver Sejak 1873

Otto terus mengembangkan mesin empat langkahnya setelah tahun 1876, ia juga mempertimbangkan pekerjaannya selesai setelah penemuan sistem pengapian magneto pertama untuk pengapian tegangan rendah pada tahun 1884.

Paten Otto dibatalkan pada tahun 1886, hak paten diberikan kepada Alphonse Beau de Roaches untuk mesin empat tak. Namun, Otto tetap membangun mesin kerja, sehingga pada 23 Oktober 1877 Nicolaus Otto mendapatkan paten untuk mesin motor gas.

Sejauh ini, Otto sudah membangun salinan mesin Lenoir, mesin pengisian empat siklus terkompresi, mesin atmosfer pertama, dan mesin pengisian empat tak yang dikenal mesin siklus “Otto”.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini