nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Hal Unik Tentang Tubuh Manusia yang Jarang Diketahui

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 10:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 56 1870425 9-hal-unik-tentang-tubuh-manusia-yang-jarang-diketahui-SL3swIZ7jU.jpg Ilustrasi tubuh manusia (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Allah SWT menciptkan Tubuh manusia dengan sangat sempurna dan menakjubkan. Ada begitu banyak fakta tersembunyi di dalamnya, salah satu contohnya adalah otak manusia yag terbukti lebih canggih dibandingkan dengan jenis komputer manapun.

Dilansir dari Breaking Muscle, berikut 9 hal menarik mengenai tubuh manusia.

1.10 pon lemak menambahkan tujuh mil dari pembuluh darah baru

Jaringan baru membutuhkan suplai darah sehingga sistem vaskular mengembang unutk menampungnya. Hal ini juga berarti jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui jaringan baru yang dapat mengurangi penambahan oksigen dan nutrisi di jaringan lain. Jika menurunkan satu pon, maka tubuh akan rusak dan menyerap kembali pembuluh darah yang tidak dibutuhkan dari jaringan sebelumnya.

Baca juga: Benarkah Tubuh Manusia Bisa Terbakar Sendiri?

2.Jaringan otot tiga kali lebih efisien dalam membakar kalori dibanding lemak

Hal ini lah yang menjadi sebab mengapa memiliki lebih banyak otot harus menjadi sasaran latihan bagi kebanyakan orang. Lebih banyak otot sama saja lebih banyak kalori yang terbakar sehingga terlihat lebih bugar. Tujuan sederhana dan matematika sederhana.

3. Terlihat lebih tinggi di pagi hari daripada di malam hari.

Rata-rata di pagi hari sekira satu setengah inci lebih tinggi, ini semua berkat kelebihan cairan di antara cakram tulang belakang. Saat sedang tidur, cairan ini mengisi. Pada siang hari tubuh harus mengatasi tekanan berdiri, sehingga cakram menjadi padat dan cairan merembes keluar. Hal ini menyebabkan kehilangan sejumlah kecil ketinggian ekstra.

Baca juga: Rupanya! Tubuh Manusia Miliki Sistem Pendingin Dijelaskan Alquran dan Sains

4. Perut memproduksi lapisan baru setiap tiga hari agar tidak mencerna dirinya sendiri.

Sebagai bagian dari proses pencernaan, perut mengeluarkan asam hidroklorida. Hidroklorida adalah senyawa korosif yang kuat yang juga digunakan untuk mengobati berbagai logam. Hidroklorida perut mengeluarkan sangat kuat, tapi lendir lapisan dinding perut menyimpannya dalam sistem pencernaan. Akibatnya rusak makanan yang dikonsumsi, tapi bukan perut sendiri.

5. Tubuh menghasilkan panas yang cukup hanya dalam tiga puluh menit

Tubuh adalah lambang studi tentang hukum termodinamika. Manusia menghasilkan panas dari semua yang terjadi seperti olahraga, metabolisme makanan, menjaga homeostasis dan saat berkeringat, buang napas, buang air besar, dan buang air kecil.

6. Kulit adalah organ.

Sama seperti hati, jantung, dan ginjal, kulit merupakan organ. Rata-rata pria memiliki cukup kulit di tubuhnya untuk menutupi kira-kira dua puluh kaki persegi. Untuk rata-rata wanita itu kira-kira tujuh belas kaki persegi. Kira-kira 12% berat badan berasal dari kulit Anda. Dan, kulit manusia menggantikan 45.000 lebih sel hanya dalam beberapa detik. Ini terus menumbuhkan kulit baru dan menumpahkan kulit tua.

7. Pada usia delapan belas tahun, otak manusia berhenti tumbuh.

Sejak usia itu, otak mulai kehilangan lebih dari 1.000 sel otak setiap hari. Hanya dua persen dari berat tubuh, namun menggunakan hingga 20% dari keseluruhan output energi. Otak bekerja terus menerus dan tidak pernah beristirahat, bahkan saat sedang tidur.

8. Ada lebih dari 600 otot rangka individu dan 206 tulang di tubuh.

Jika semua otot berkontraksi dan ditarik ke arah yang sama, maka dapat mengangkat lebih dari dua puluh ton hambatan. Selain itu, kerangka dewasa terdiri dari 206 tulang, namun saat lahir, kerangka bayi mengandung kira-kira 350 tulang. Seiring berjalanya waktu, beberapa dari 350 tulang tumbuh.

9. Perlu mengkonsumsi satu liter air setiap hari selama empat bulan untuk menyamakan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dalam satu jam.

Lebih dari seumur hidup pada denyut jantung yang normal akan memompa cukup banyak darah. Rata-rata jantung berdetak 40.000.000 kali per tahun. Hal ini belum dihitung terhadap sesuatu yang memacu peningkatan detak jantung seperti saat berolahraga.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini