nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jack Dorsey Ingin Semua Pengguna Twitter Bisa Dapat "Centang Biru"

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 10 207 1870741 jack-dorsey-ingin-semua-pengguna-twitter-bisa-dapat-centang-biru-DR6mBgkWQK.jpg CEO Twitter Jack Dorsey (Sumber : Getty Image)

Jakarta - CEO Twitter Jack Dorsey mengatakan dia ingin seluruh pengguna Twitter bisa mendapatkan tanda verifikasi berupa centang biru. Sebelumnya, tanda ini hanya bisa didapatkan oleh kalangan tertentu saja.

Hal ini diungkapkan oleh Dorsey saat dia melakukan siaran langsung melalui Periscope beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan bahwa hal ini merupakan kelanjutan dari rencana Twitter, di mana para pengguna diharuskan melakukan verifikasi akun mereka yang telah dibahas semenjak beberapa tahun lalu.

Mengutip dari laman Re:Code, Minggu (11/3/2018), pada kuartal tiga tahun lalu, perusahaan berlogo burung biru tersebut sempat menangguhkan rencana ini. Hal ini dikarenakan pihak Twitter memberikan tanda verifikasi terhadap salah satu akun supremasi kulit putih, yang dikenal sering mengeluarkan pernyataan kontroversional.

Namun nampaknya, kini mereka akan kembali akan melakukan verifikasi akun, namun dengan cara yang tepat.

Baca Juga : Twitter Kini Larang Penggunaan Bot demi Tangkal Hoax

"Tujuannya adalah membuka verifikasi untuk semua orang," jelas Dorsey. "(Kami) akan melakukannya dengan tepat, sehingga kami tidak mengganggu dan orang-orang bisa memverifikasi informasi tentang diri mereka sendiri tanpa kami harus menghakimi dan menunjukkan pendapat."

Ternyata, beberapa pihak berpendapat bahwa saat Twitter memberikan ikon centang biru tersebut, maka pihak Twitter setuju dengan sudut pandang dari akun tersebut. Padahal menurut Product Director Twitter, David Gasca, tujuan dari ikon centang biru tersebut tidak ada kaitannya dengan pendapat tersebut.

"Fitur ini sebenarnya digunakan untuk sebagai verifikasi identitas. Tapi, karena bagaimana fitur ini diperkenalkan, ketika ia hanya diberikan pada tokoh masyarakat, selebritas dan lain-lain, pemilik centang biru dianggap memiliki nilai lebih," kata Gasca.

Baca Juga : Twitter Tarik Aplikasi dari App Store untuk Mac

"Orang-orang berpikir centang biru ini adalah tanda kredibilitas. Twitter setuju dengan orang ini, Twitter percaya orang ini adalah orang yang hebat. Padahal bukan itu yang kami maksud dengan centang biru," lanjutnya.

Saat ini, pihak Twitter pun mengaku jika pihaknya akan mencari solusi yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut. Dan nampaknya, Twitter akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan hal tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini