nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Gunakan Karakter Mario untuk Tuntun Pengguna Google Maps

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 16:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 10 207 1870748 google-gunakan-karakter-mario-untuk-tuntun-pengguna-google-maps-WVRpCV8CvX.jpg Mario di Google Maps (Sumber : Google)

Jakarta - Selama satu pekan ke depan, para pengguna Google Maps akan ditemani oleh salah satu karakter game populer, yakni Mario. Hal ini dilakukan oleh Google untuk merayakan Hari Mario yang diadakan pada 10 Maret setap tahunnya.

Karakter game yang digambarkan sebagai “tukang perbaikan saluran” ini akan menggantikan ikon panah biru yang biasa hadir di Google Maps. Nantinya, Mario yang naik di atas Go-cart inilah yang akan memandu perjalan Anda.

Untuk menggunakan fitur ini pun sangat mudah. Para pengguna hanya harus melakukan pembaharuan yang sudah dikeluarkan oleh pihak Google. Setelah terpasang, maka Anda hanya harus masuk kedalam aplikasi Google Maps.

Baca Juga : Nih Rahasia Google Maps yang Sajikan Info Lalu Lintas Real Time

Setelah terbuka, yang harus Anda lakukan tinggal mencari tempat tujuan yang ingin Anda kunjungi. Setelah ketemu, Anda jangan langsung menekan tombol “Start”.

Hal ini dikarenakan untuk memunculkan karakter Mario di dalam peta, para pengguna disarankan untuk menekan ikon kotak kuning dengan tanda tanya diatsanya. Sesaat setelah menekan ikon tersebut, Anda akan mendapatkan sebuah menu pop-up, yang mengkonfirmasi apakah Anda ingin ditemani oleh Mario atau tidak.

Jika Anda berkenan, klik pilihan “LET’S-A-GO!”. Sebaliknya, jika Anda tidak ingin berpartisipasi, Anda tinggal memilih tombol “NO THANKS”.

Sebagai informasi, ditetapkan 10 Maret menjadi hari Mario adalah dikarenakan penamaan dari ikon game ini berupa MAR10, seperti mengutip dari laman Cnet, Sabtu (10/3/2018). Oleh karena itu, pihak Nintendo menetapkan 10 Maret menjadi Hari Mario.

Baca Juga : Google Maps Bakal Hadirkan Fitur Hapus Tempat yang Dikunjungi

Namun sayang, pembaharuan ini nampaknya masih belum mendarat untuk para pengguna Google Maps di Indonesia.

Selain menghadirkan karakter Mario di Google Maps, pihak Nintendo juga memberikan diskon untuk pembelian versi full untuk game freemium mereka, yakni Super Mario Run. Mereka memberikan diskon hingga 50 persen, sehingga game tersebut kini hanya seharga USD 4,99 atau sekitar Rp 68 ribu, yang akan berlaku mulai 10 Maret hingga 28 Maret mendatang.

Karakter Mario sendiri pertama kali muncul pada 9 Juli 1981 di dalam game Donkey Kong. Kala itu, Mario masih menggunakan nama panggilan Jumpman. Namun pada game Donkey Kong Jr yang diluncurkan pada 1982, nama Jumpman kemudian diganti menjadi Mario dengan kode karakter MAR10.

Barulah kemudian pada 1983, Nintendo memutuskan untuk membuat game tersendiri untuk Mario, yakni Super Mario Bros. Melalu game inilah, Mario berhasil mendapatkan kepopulerannya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini