nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Hal yang Perlu Dicatat Saat Mengisi Daya Smartphone

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 12:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 10 207 1870766 ini-5-hal-yang-perlu-dicatat-saat-mengisi-daya-smartphone-3Jj8nbKQgJ.jpg Ilustrasi Mengisi Daya Smartphone (Sumber : Pixabay.com)

Jakarta - Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para pengguna barang elektronik, terutama smartphone adalah permasalahan baterai. Mereka menganggap, umur baterai dari sebuah smartphone kini semakin memburuk.

Sebenarnya, hal ini dapat terjadi dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah dikarenakan kebiasaan kita dalam melakukan pengisian daya, yang ternyata bersumbangsih dalam mempercepat masa pakai dari baterai perangkat smartphone kita.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini tim Okezone akan membahas mengenai hal-hal yang harus dihindari saat melakukan pengisian baterai. So, tanpa berlama lagi, inilah 5 hal yang perlu dihindari saat mengisi daya smartphone, yang telah kami rangkum dari laman Technicaltalks, Minggu (11/3/2018) berikut ini!

1. Jangan Pernah Tinggalkan Pengisian Daya Hingga Semalam Suntuk

Hal pertama dan yang paling harus dihindari adalah jangan pernah meninggalkan perangkat Anda diisi daya hingga semalam suntuk. Hal ini dikarenakan perilaku ini akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek.

Memang, di dalam smartphone dan charger dewasa ini, terdapat perlindungan terhadap overcharge dan lonjakan tegangan. Namun yang sering kali terlupakan oleh para pengguna adalah setelah baterai smartphone kita penuh, pastinya perangkat akan kembali menyedot daya tersebut untuk menjalankan sistem mereka.

Hal ini membuat daya baterai berkurang. Dan saat telah berkurang hingga di batas tertentu, perangkat akan kembali akan diisi oleh charger. Kegiatan inilah yang pada akhirnya membuat baterai cepat aus.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ponsel Basah Terguyur Air Hujan

2. Fast Charging Bukan Solusi Terbaik

Dewasa ini, para vendor smartphone memasukkan teknologi fast charging di dalam perangkat mereka. Mereka mengklaim, dengan menggunakan teknologi ini, para pengguna akan dapat mengisi daya perangkat mereka dengan waktu yang lebih singkat.

Namun sayangnya, teknologi ini memiliki timbal balik yang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, teknologi fast charging ini memberi beban daya yang lebih tinggi ke dalam baterai. Alhasil, kemampuan baterai untuk menyimpan daya akan lebih cepat berkurang.

3. Hindari Pemakaian Saat Mengisi Daya Dengan Powerbank

Mengisi daya menggunakan powerbank merupakan solusi yang paling banyak dipilih pengguna saat mereka melakukan perjalanan. Namun, kami menyarankan untuk mengurangi kegiatan ini sebisa mungkin.

Alasannya, saat menggunakan powerbank, temperatur dari baterai smartphone akan menjadi sangat panas, apa lagi sembari kita gunakan untuk beraktifitas. Kenaikan temperatur ini pada akhirnya mempengaruhi kemampuan baterai dalam menyimpan daya.

Oleh karena itu, saat menggunakan powerbank, sebaiknya Anda tidak memakai smartphone Anda.

Baca Juga : 3 Cara Cek Kesehatan Baterai iPhone

4. Lepas Pelindung Smartphone Saat Mengisi Daya

Pelindung smartphone memang sangat berguna untuk melindungi perangkat kita dari goresan saat penggunaan. Namun pada saat pengisian daya, sebaiknya pelindung ini kita lepas.

Hal ini dikarenakan saat mengisi daya, smartphone kita akan sedikit panas. Panas ini kemudian akan dilepas oleh perangkat melalui body dari perangkat tersebut. Nah, jika kita tetap memakai pelindung smartphone saat mengisi, maka temperatur dari perangkat kita akan terus meningkat.

Tentu saja hal ini bukan yang baik bagi baterai perangkat kita.

5. Pastikan Gunakan Charger Pabrikan

Yang terakhir adalah selalu gunakan charger milik pabrikan perangkat kita. Sebab, setiap vendor memiliki kriteria tersendiri dalam mengatur daya yang masuk dan keluar dari setiap perangkat mereka.

Menggunakan charger universal dapat mempengaruhi arus yang masuk kedalam baterai, yang kemudian akan mengganggu daya tahan baterai. Apa lagi jika menggunakan charger murah, yang bisa jadi akan menimbulkan masalah yang lebih serius di perangkat kita.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini