nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 10:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 10 56 1870734 3-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-daun-fMiZCvIpO1.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Daun merupakan organ tanaman yang datar dan tipis dengan menggunakan sinar matahari dalam proses fotosintesis untuk membuat makanannya. Pada umumnya daun berwarna hijau dan menggunakan bahan kimia yang disebut klorofil untuk menangkap energi dari sinar matahari.

Dilansir dari Science With Me, proses tersebut diketahui dikenal sebagai fotosintesis, energi yang digunakan untuk menggabungkan air dari tanah dan gas karbondioksida dari udara unutk membuat gula. Oksigen akan dilepaskan selama proses tersebut yang disebut Resriration. Berikut ini ada beberapa hal tentang daun yang perlu diketahui.

Baca juga: Rahasia Zat Klorofil Diungkapkan Alquran

Jenis Daun

Sebagian besar daun datar digunakan untuk meningkatkan penyerapan dari sinar matahari meski hal ini tidak selalu terjadi. Selain itu, area yang datar tersebut dinamakan blade atau lamina. Daun yang sederhana memiliki lamina tak terbagi, sementara itu daun majemuk memiliki lamina yang terbagi sepenuhnya dan dipisahkan oleh vena utama atau sekunder.

Baca juga: Tumbuhan sebagai Sumber Makanan Manusia Dijelaskan Alquran dan Sains

Bagian daun

Ada variasi yang cukup mengagumkan di dalam struktur daun dan beberapa mungkin memiliki sedikit bagian. Area datar disebut dengan lamina, sesuatu yang kecil terletak di kedua sisi dasar disebut stipule.

Hampir setiap daun memiliki tangkai, tetapi batang daun disebut petiole dan tonjolan yang menempel pada tangkai daun disebut axil daun. Daun dapat menyimpan makanan, air, dan mineral, tentunya semuanya diangkut melalui pembuluh darah dan batang.

Lapisan Daun

Lapisan pertama adalah epidermis, ini adalah lapisan luar sel yang menutupi daun, biasanya transparan dan licin untuk mencegah hilangnya air, yang kedua adalah mesofil dan ini merupakan bagian dalam daun antara epidermis atas dan bawah, di mana sebagian besar fotosintesis terjadi. Mesofil terbagi menjadi dua lapisan, lapiasan palisade dan lapisan spon.

Terakhir adalah Vena, yang merupakan garis kehitam-hitaman pada daun. Garis hitam terbesar adalah daun tunggal yang berada dari tangkai daun hingga ujung daun. Garis kehitaman yang lebih kecil dan bercabang dinamai vena sekunder. Selain itu Vena juga memindahkan zat dalam daun seperti pembuluh darah di tubuh manusia yang memindahkan darah.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini