nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Instagram dan Snapchat Blokir Giphy, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 14:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 207 1871393 instagram-dan-snapchat-blokir-giphy-ada-apa-WfDFGGViKR.jpg Aplikasi Instagram (Sumber : pixabay.com)

JAKARTA - Instagram dikabarkan telah memblokir penyedia gambar bergerak GIF, Giphy beberapa waktu yang lalu. Hal ini sedikit mengejutkan, jika mengingat mereka baru saja mengintegrasikan layanan Giphy ke dalam fitur Instagram Stories mereka.

Ternyata, Instagram bukan satu-satunya media sosial yang memblokir layanan tersebut. Pasalnya, di saat yang sama, Snapchat yang merupakan rival dari Instagram juga melakukan langkah yang sama. Sebenarnya, apa yang telah terjadi dengan layanan Ghipy?

Seperti melansir dari laman The Verge, Senin (12/3/2018), GIF rasis ini pertama kali disadari oleh salah satu pengguna Instagram bernama Lyana Augmon. Dia menjelaskan, di dalam GIF tersebut terdapat sebuah kata-kata yang menjurus ke arah rasisme.

Baca Juga : Unggah Foto Makanan ke Instagram Buat Porsi yang Dimakan Jadi Lebih Banyak?

Lyana sendiri menjelaskan bahwa GIF ini juga sangat mudah dicari. Pengguna hanya tinggal mencari kata “crime”, dan GIF rasis ini akan muncul di antara pilihan lain.

Pemblokiran ini sendiri membuat pihak Giphy menelusuri keberadaan dari GIF rasis tersebut. Dalam sebuah keterangan, pihak Giphy menyatakan jika mereka sudah melakukan investigasi terhadap keberadaan GIF tersebut.

“Setelah menyelidiki kejadian tersebut, stiker ini tersedia karena bug di filter moderasi konten kami yang secara khusus mempengaruhi stiker GIF. Kami telah memperbaiki bug dan telah memoderasi ulang semua stiker GIF di database kami,” ujar perwakilan Giphy.

Sekedar informasi, situs Giphy memang memberikan para pengunjung dan pengguna situs tersebut untuk membuat dan menunggah GIF buatan mereka. Namun, pihak Giphy sendiri memiliki aturan yang cukup ketat terkait konten apa saja yang bisa masuk ke dalam situs mereka.

Untuk sementara ini, pihak Snapchat pun sudah memberikan konfirmasi atas pemblokiran ini. Mereka mengatakan bahwa pihaknya sudah menghapus konten tersebut, dan memberhentikan sementara integrasi layanan Giphy dengan platform mereka.

Baca Juga : Giliran Snapchat Contek Fitur Mention Milik Instagram

“Sementara kami menunggu tim Giphy untuk melakukan investigasi,” ujar perwakilan Snapchat. Pihak Instagram pun memberikan pernyataan yang serupa.

Di Indonesia sendiri, Giphy telah beberapa kali diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Alasannya, situs tersebut menyediakan GIF yang memiliki konten porografi, yang tentunya tidak sesuai dengan norma di Indonesia.

Begitupun dengan Telegram, yang juga pernah diblokir oleh Kominfo terkait dengan masalah yang sama. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini