nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Menarik Planet Kecil Bernama 'Makemake'

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 56 1871417 5-fakta-menarik-planet-kecil-bernama-makemake-SaCDLeJQq3.jpg (Foto: Wikimedia)

JAKARTA - Ada berbagai planet yang mengorbit di luar angkasa. Beberapa planet terkecil yang diketahui seperti pluto. Pluto ialah planet terkecil yang paling terkenal, lalu planet Eris. Selanjutnya, ada Makemake yang merupakan sebuah dunia yang relatif jauh dan dinamis.

Dilansir dari Mentalfloss, dari jarak 4,26 miliar mil Makemake masih menjadi misteri. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui tentang Makemake.

 

Makemake Benar-Benar Cerah

Meskipun Makemake lebih kecil dari Pluto, ia adalah objek terang kedua di Kuiper Belt. Permukaan reflektifnya adalah hasil dari kelimpahan es metana dan etana yang ada. Butiran dari metana beku dapat menusuk permukaannya yang dingin. Jaraknya cukup sulit untuk diceritakan.


Baca juga: Mengapa Planet-Planet Tak Bertabrakan di Sistem Tata Surya

Permukaan Makemake adalah Volatil

Makemake bukan hanya batu bulat yang ada di luar angkasa. Dalam beberapa hal ia merupakan saudara dari Pluto. Seperti contohnya permukaan yang didominasi oleh metana, senyawa hiper volatil yang juga ditemukan di permukaan Pluto. Volatile sendiri maksudnya adalah bereaksi terhadap perubahan suhu.


Baca juga: Ternyata! Alam Semesta Semakin Meluas Dijelaskan Alquran dan Sains

Bulan Makemake Baru Ditemukan

Sebenarnya Makemake tidak memiliki Bulan, tetapi ternyata anggapan itu salah dikarenakan baru ditemukan pada 2016 oleh Parker yang melihatnya dalam data yang dikumpulkan oleh Teleskop Ruang Angkasa Hubble. Parker adalah orang pertama yang yakin bahwa ia melihat bulan pada Makemake.

Astronom Mencari Makemake dengan Bulan

Ini merupakan alat untuk ilmuwan, sebagai objek sepanjang 105 mil dan planetnya saling melintang di depan, astronom menggunakan perubahan kecerahan untuk memetakan permukaan Makemake. Para astronom memperoleh kecerahan hanya bagian tubuh yang terisolasi. Area yang lebih gelap dan area yang lebih terang kemudian dapat dipetakan ke objek, dan model dapat membantu menentukan apakah ilmuwan melihat fitur medannya.

Makemake Masih Misterius

Para ilmuwan tidak yakin bagaimana siklus siang hari Makemake mempengaruhi bentang alam dan proses permukaannya. Sejarah dan asal bulannya tidak diketahui dan memunculkan pertanyaan menarik lainnya untuk para ilmuwan.

Teori yang bekerja pada pembentukan planet dan para astronom yang mempelajari gerak benda angkasa, merevisi modelnya untuk menjelaskan mengapa bulan adalah fitur yang menentukan bagi planet kecil.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini