nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Elon Musk Mulai Ekspedisi Mars pada 2019?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 21:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 56 1871675 elon-musk-mulai-ekspedisi-mars-pada-2019-qaooiWTMg4.jpg Ilustrasi Markas di Bulan (Sumber : SpaceX)

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk baru-baru ini menyatakan jika dia ingin segera memulai ekspedisi ke Mars. Dalam sebuah kesempatan, dia mengatakan bahwa salah satu roket SpaceX miliknya, yakni SpaceF BFR akan mengudara di ruang hampa dalam waktu dekat ini.

Musk mengatakan, pesawat pertama dengan teknologi “short up-and-down flights” ini akan segera mengudara pada paruh pertama 2019. Meski begitu, dia tidak menjanjikan apapun mengingat apa saja bisa terjadi dalam persiapan ini.

Uji coba ini dilakukan menyambut rencana utama Musk dalam ekspedisi ke Mars. Dalam jadwalnya, pada 2022 mendatang, BFR harus sudah dapat mengirim kargo ke Mars.

Baca Juga : Fakta Tentang Roket Falcon Heavy SpaceX

Mengutip dari laman Engadget, Senin (12/3/2018), BFR sendiri telah dicap sebagai penerus Falcon Heavy. Di dalam desainnya, BFT akan menggunakan total 37 mesin Raptor (31 di roket pendorong, enam di pesawat ruang angkasa) yang seharusnya memberikan dua kali dorongan roket Saturn V.

Konfigurasi ini sebenarnya dilakukan untuk membawa BFR masuk dan keluar orbit Bumi, dan menjadi kendaraan pertama SpaceX yang dirancang untuk misi di luar bumi. Tentu saja, tujuan utama mereka adalah mendarat di Mars.

Baca Juga : Misi ke-50, SpaceX Luncurkan Falcon 9 Bawa Satelit Hispasat

Bagi sebagian orang, keinginan Musk untuk melakukan perjalanan ke Mars pada 2019 adalah hal yang muluk. Bukan hanya dikarenakan sejarah mencatat sering molornya sebuah jadwal peluncuran yang direncanakan oleh Musk, melainkan dikarenakan bagi NASA, ekspedisi ke Mars merupakan sebuah hal yang hampir mustahil untuk sementara ini.

Sebagai informasi, sebenarnya NASA telah memiliki pesawat luar angkasa B29 yang memiliki tinggi hingga 348 kaki, untuk melakukan penjelajahan luar angkasa. Dengan ukuran yang lebih besar dari milik Musk, NASA masih mempertimbangkan soal ekspedisi ke Mars.

Memang, untuk saat ini SpaceX sudah memiliki banyak kelebihan dari pengalaman jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi untuk saat ini, ada beberapa faktor baru yang perlu dipertimbangkan oleh Musk untuk melakukan penjelajahan ke Mars.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini