Apple Ajukan Paten Keyboard Tahan Debu, untuk Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 17:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 12 57 1871558 apple-ajukan-paten-keyboard-anti-debu-untuk-apa-O7AeCJ687w.png Apple Keyboard (Sumber : apple.com)

JAKARTA - Apple dikabarkan telah mengajukan sebuah paten baru terkait dengan perangkat keyboard laptop. Kabarnya, mereka telah menemukan sebuah cara agar keyboard MacBook mereka tidak akan terganggu oleh debu dan kotoran lainnya.

Di dalam paten tersebut, terlihat jika Apple telah menemukan cara dalam mencegah debu dan kotoran untuk masuk ke dalam celah keyboard. Caranya adalah dengan mengisi celah dari keyboard laptop, sehingga saat keyboard ditekan, akan ada udara yang tercipta dan menghembuskan debu serta kotoran yang ada di sekitar celah keyboard.

Sayangnya, dalam paten tersebut, perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut membeberkan kelemahan dari paten keyboard ini. Mereka menjelaskan jika keyboard ini akan cukup rentan terhadap cairan.

Baca Juga : Apple Bakal Bikin MacBook Tanpa Keyboard Fisik?

“Beberapa cairan, seperti gula cair dapat menyebabkan korosi atau memblokir kontak elektrik yang menyebabkan menyatunya perangkat bergerak,” tulis pihak Apple dalam paten tersebut, seperti dikutip dari laman The Verge, Senin (12/3/2018).

Ternyata, pihak Apple sendiri telah melayangkan paten ini pada 2016, tepatnya pada 8 September 2016, sebulan setelah peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus. Namun hingga saat ini, pihaknya masih belum mendapatkan persetujuan dari badan paten dunia.

Sekedar informasi, paten ini dibuat oleh Apple setelah para pengguna MacBook model 2015 mengeluhkan jika keyboard mereka berhenti berjalan. Ternyata, pihak Apple mendapati jika debu dan remah makanan menjadi masalahnya.

Baca Juga : Pengguna Android Lebih Setia Dibandingkan Apple Fan Boy

Menurut penemuan mereka, debu terakumulasi di celah keyboard laptop yang memiliki jenis “butterfly switches”, yang memang diciptakan untuk perangkat laptop. Yang membuat hal ini lebih buruk lagi adalah fakta jika jarak perjalanan keyboard yang ada di perangkat MacBook hanya beberapa milimeter saja, tidak seperti laptop lainnya yang bisa hingga puluhan milimeter.

Dengan solusi ini, pihak Apple tampaknya ingin tetap mempertahankan ketipisan dari perangkat MacBook, yang selama ini menjadi ikon mereka. Mereka berharap, dengan disetujuinya paten tersebut, keyboard para pengguna MacBook bisa terlepas dari debu. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini