nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi I DPR Dukung Percepatan Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 17:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 207 1872124 komisi-i-dpr-dukung-percepatan-pembahasan-ruu-perlindungan-data-pribadi-LRdgkAPhxR.jpg Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Vania Hafid (foto : Nur Chandra Laksana /Okezone)

JAKARTA - Komisi I DPR RI mendukung keinginan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mempercepat pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP). Hal ini dikarenakan mereka juga menganggap RUU ini menjadi sebuah urgensi, yang harus segera disahkan.

Dalam sebuah kesempatan, Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan bahwa Komisi I yang membawahi pertahanan, luar negeri, serta komunikasi dan informatika sudah memuat RUU ini sebagai prioritas.

“Kita sudah masukkan (RUU PDP) ke dalam prioritas kami,” ujar Meutya kepada awak media selepas acara diskusi Menanti UU Perlindungan Data Pribadi di Perpustakaan Nasional, Selasa (13/3/2018).

Baca Juga : Rudiantara Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Segera Disahkan

Saat ini, menurutnya RUU PDP ini kini sudah ada di daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) dan juga telah menjadi salah satu RUU prioritas. Menurutnya, kini saatnya Pemerintah yang memberikan inisiatif.

“Selain itu, saat ini dukungan masyarakat terhadap RUU PDP ini pun sedang tinggi. Jadi menurut saya ini saat yang tepat,” jelasnya.

Kemudian, saat ditanyakan mengapa bukan DPR yang mengajukan RUU PDP ini sebagai inisiatif mereka, Meutya menjelaskan jika saat ini, Komisi I sudah memiliki dua UUD inisiatif yang kini sedang dibahas.

Baca Juga : Indosat Ooredoo Imbau Pelanggan Registrasi Ulang Kartu Prabayar

“Saat ini kami sudah memiliki dua inisiatif RUU. Jika (RUU PDP) sudah masuk, kita akan segera laksanakan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara telah menyatakan harapannya untuk melihat RUU PDP ini untuk segera dibahas dan disahkan. RUU ini dirasa sangat penting, dikarenakan saat ini, Indonesia masih belum memiliki UU perlindungan bagi data pribadi.

Rudiantara Ingin RUU Perlindungan Data Pribadi Segera Disahkan

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini