nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Keringat Bantu Sembuhkan Penyakit Katarak

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 06:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 56 1872844 ternyata-keringat-bantu-sembuhkan-penyakit-katarak-1rZZs4IDFn.jpg (Foto: Kollarandor)

JAKARTA - Alquran banyak mengungkap fakta sains yang baru diketahui manusia ketika munculnya teknologi atau penelitian modern. Salah satu fakta sains yang terungkap ialah keringat yang bisa menyembuhkan penyakit katarak.

Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah mengungkapkan, kedokteran modern menyimpulkan bahwa kesedihan yang berlebihan atau kebahagiaan yang meluap-luap dapat membuat mata mengalami katarak.

Cairan putih ini menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam kornea mata. Kondisi ini bisa terjadi secara parsial atau total, tergantung kadar kegelapannya.

Ilmu pengetahuan modern membuktikan bahwa kesedihan atau kegembiraan yang berlebihan dapat meningkatkan sekresi hormon adrenalin, yang berakibat pada naiknya kadar gula dalam darah. Hal inilah yang menimbulkan penyakit katarak.

Untuk menyembuhkan penyakit katarak ini, percobaan ilmiah telah dilakukan dengan melibatkan hewan. Setelah berhasil pada hewan, pengobatan bisa dilakukan terhadap manusia.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Khasiat Madu untuk Pengobatan

Salah seorang ilmuwan Mesir mencoba mengeluarkan lensa mata melalui operasi. Kemudian lensa mata itu direndam dengan keringat. Setelah direndam dengan keringat, terjadi perubahan secara bertahap pada lensa tersebut.

Hampir 90 persen penyembuhan katarak berhasil dilakukan dengan keringat.

Baca juga: Khasiat Buah Kurma dalam Penjelasan Alquran dan Sains

Ternyata penyembuhan katarak dengan keringat ini telah diungkap dalam Alquran. "Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah dia kewajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali; dan bawalah keluargamu semuanya kepadaku," Surah Yusuf Ayat 93.

"Tatkala telah tiba pembawa kabar gembira itu, maka diletakkannya baju gamis itu ke wajah Ya'qub, lalu kembalilah dia dapat melihat. Berkata Ya'qub: "Tidakkah aku katakan kepadamu, bahwa aku mengetahui dari Allah apa yang kamu tidak mengetahuinya," Surah Yusuf Ayat 96.

Kedua ayat tersebut mengisyaratkan bahwa Allah mengembalikan penglihatan Nabi Ya'qub setelah ia mengusapkan baju putranya ke wajahnya. Baju Yusuf tidak mengandung apa-apa, kecuali keringatnya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini