Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciptakan Asisten Digital, Spotify Lirik Bisnis Speaker Pintar?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 16 207 1873625 ciptakan-asisten-digital-spotify-lirik-bisnis-speaker-pintar-sHlRvbatOQ.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Spotify kini menjadi salah satu layanan streaming musik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Namun belakangan ini diketahui jika Spotify akan mengembangkan sebuah bisnis baru, yang kabarnya tak berkaitan dengan musik.

Mengutip dari laman TechCrunch, hal ini dikarenakan beberapa pihak mengatakan bahwa perusahaan asal Swedia tersebut ingin melakukan ekspansi ke bisnis speaker pintar. Hal ini mencuat setelah mereka ketahuan menguji sebuah fitur asisten digital berbasis suara di dalam aplikasi mereka.

Mirip seperti fitur asisten digital lainnya, asisten digital milik Spotify memungkinkan penggunanya untuk menyetel musik dengan perintah suara. Para pengguna hanya tinggal berkata ‘Play my Discover Weekly’, ‘Show Calvin Harris’, atau ‘Play some upbeat pop’.

Yang mengejutkan, pihak Spotify pun tidak mengelak saat ditanya perihal disematkannya fitur tersebut di aplikasi milik mereka. Juru bicara Spotify malah mengonfirmasi hal tersebut.

“Sekarang hanya baru mengetes,” ujar juru bicara Spotify.

Baca juga: Nilai Perusahaan Spotify Kini Capai Rp257 Triliun

Meski telah mengakui terhadap keberadaan dari asisten digital tersebut, namun pihak Spotify tidak menyinggung mengenai speaker pintar. Hal ini dikarenakan asisten digital kini banyak yang sudah menyambangi perangkat tersebut.

Mulai dari Alexa di Amazon Echo, Google Assistant di Google Home, hinggal Siri di Apple HomePod kini sudah mulai ramai dipakai oleh masyarakat dunia.

Baca juga: Spotify Dituntut Bayar Ganti Rugi Rp21,5 Triliun, Ada Apa?

Sekedar informasi, sebenarnya Spotify pernah berbisnis di perangkat hardware beberapa tahun lalu. Mereka bekerjasama dengan beberapa manufaktur untuk menciptakan fitur Spotify Connect di perangkat audio Bose. Akan tetapi, mereka belum pernah membuat perangkat yang memiliki asisten digital di dalamnya.

Selain itu, hingga saat ini masih belum ada kabar kapankah fitur asisten digital ini akan menyapa para pengguna Spotify.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini