Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkat ARKit, Street Fighter II Muncul Jadi Game AR

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 16 Maret 2018 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 16 326 1873633 berkat-arkit-street-fighter-ii-muncul-jadi-game-ar-25whA9rfkX.jpg (Foto: Screenshot/YouTube)

JAKARTA - Game berbasis augmented reality (AR) kini sedang digemari para gamer di seluruh dunia. Berbagai game, mulai dari game baru hingga game legendaris kini mulai muncul dalam format game modern tersebut.

Salah satunya adalah game combat legendaris, Street Fighter yang kini muncul dalam format game AR. Hal ini dapat dilakukan melalui teknologi ARKit milik Apple yang baru diluncurkan pada tahun lalu.

Pembuatan ulang game Street Fighter II ke dalam format AR merupakan proyek dari studio game milik Abhishek Singh. Dia menggabungkan ARKit dengan teknologi kamera perangkat Apple untuk membawa pertarungan ke dunia nyata.

Yang lebih menyenangkan lagi, gamer tidak hanya dapat bertarung dengan komputer saja. Melainkan para gamer Street Fighter II di perangkat iOS dapat bertarung dengan pemain lainnya secara real time.

“Ini seperti Anda memiliki gladiator virtual yang berkelahi di ring di antara Anda. Jadi Anda akan benar-benar akan mendapatkan pengalaman AR multiplayer secara langsung, yang dapat dikendalikan secara penuh,” ujar Singh seperti dikutip dari laman Ubergizmo.

Sebenarnya, dalam mengembangkan game tersebut, Singh mengatakan akan mengintegrasikan teknologi TrueDepth ke dalam game tersebut. Namun dia mengaku bahwa dirinya masih mempelajari hal tersebut.

Baca juga: Teknologi AR Muncul di Ratusan Juta Perangkat Android pada 2018

Saat ini, dia baru bisa mengimplementasikan teknologi TrueDepth ke dalam film horor Jepang, “The Ring”. Dengan menggunakan teknologi tersebut, dia dapat membawa pemirsa film tersebut seperti melihat langsung keberadaan dari hantu di dalam film tersebut.

Sayangnya, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin memainkan game tersebut, tampaknya Anda akan kecewa. Sebelum bisa merampungkan dan mempublikasi game tersebut, Singh harus meminta izin ke Capcom untuk mendistribusikan game tersebut dalam format AR.

Baca juga: Teknologi Augmented Reality Merevolusi Industri Game

Sekedar informasi, saat ini sudah ada beberapa game AR yang sudah dapat dimainkan, salah satunya adalah Pokemon Go. Selain itu, dalam beberapa bulan lagi ada dua game AR baru yang akan menyambangi perangkat Android dan iOS, yakni Jurrasic World Alive dan juga Harry Potter: Wizards Unite. (chn)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini