Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Konsol Game Paling Laku Sepanjang Masa, Nomer 3 Bikin Rindu

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 10:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 17 207 1874224 5-konsol-game-paling-laku-sepanjang-masa-nomer-3-bikin-rindu-PNIC2LMblA.jpg Ilustrasi Bermain Game (Sumber : Pexels)

JAKARTA - Dewasa ini, smartphone menjadi perangkat yang sering kali digunakan untuk bermain game. Padahal beberapa belas tahun yang lalu, konsol game menjadi alat yang paling populer untuk bermain game.

Tak jarang juga, penjualan dari konsol game tersebut sangat besar. Sampai-sampai, beberapa konsol game terbaru saat ini, tidak bisa mengalahkan penjualan dari konsol game lawas tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, Okezone akan membahas mengenai konsol apa saja yang paling laku di pasaran. So, tanpa berlama-lama lagi, inilah 5 konsol game paling laku sepanjang masa, seperti telah kami rangkum dari laman Gamespot berikut ini.

5. Nintendo Wii ( Terjual 101,6 Juta Unit)

Konsol pertama yang masuk kedalam daftar kami adalah Nintendo Wii. Pada saat diluncurkan pada 2006 lalu, konsol game ini merupakan yang paling unik jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Keunikan dari konsol ini terlihat dari kontroler bernama Wii Remote dan Nunchuck yang dipakai untuk mengendalikan game terhubung melalui bluetooth. Selain itu, kedua kontroler ini juga memiliki teknologi accelerometer, yang memungkinkan pengguna dapat melakukan kontrol dengan gerakan tangan.

Baca Juga : Berkat ARKit, Street Fighter II Muncul Jadi Game AR

4. Sony PlayStation (Terjual 102,4 Juta Unit)

Pertama kali diluncurkan pada 4 Desember 1994, PlayStation langsung mendapatkan perhatian dari banyak pecinta game di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan Sony memutuskan untuk menggunakan CD untuk menyimpan game.

Selain itu, PlayStation juga memiliki kelebihan berupa dapat memainkan game tiga dimensi secara real time. Padahal kala itu, hanya komputer saja yang dapat memainkan game tiga dimensi secara real time.

3. Seri Nintendo Game Boy (Terjual 118,6 Juta Unit)

Meskipun bukan konsol game handeld pertama, Game Boy bisa dibilang menjadi “Bapak” dari konsol game handheld di dunia modern. Hal ini dikarenakan pada saat itu, Game Boy merupakan konsol game handeld pertama yang mampu memainkan berbagai game di dalam satu konsol.

Seri pertama Game Boy sendiri diluncurkan pada April 1989, dengan kualitas gambar 8 bit dengan layar monochrome. Kemudian pada tahun 1998, Nintendo memutuskan untuk mengeluarkan versi layar berwarna 15 bit.

2. Nintendo DS (Terjual 154 Juta Unit)

Nintendo merilis Nintendo DS pada 21 November 2004. Kala itu, konsol game ini menjadi buah bibir para pecinta teknologi di seluruh dunia berkat desainnya yang cukup radikal..

Hal ini dikarenakan Nintendo DS memiliki konfigurasi dua layar, dimana salah satunya adalah layar sentuh. Padahal, salah satu pesaing kuat dari perangkat ini, yakni Sony PSP tidak menyematkan kemampuan tersebut.

Baca Juga : Donald Trump Kritik Banyaknya Kekerasan dalam Game

1. Sony PlayStation 2 (Terjual 155 Juta Unit)

Siapa sih yang tidak kenal dengan PlayStation 2? Ya, konsol game besutan Sony ini menjadi salah satu konsol game legendaris bagi para pecinta game. Maka tak heran, konsol ini menjadi konsol paling laku sepanjang masa.

Keunggulan dari konsol ini adalah grafik yang dapat ditampilkan oleh PS 2 merupakan yang terbaik jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Bahkan beberapa game tiga dimensi, karakter yang ada di dalam game tersebut sudah terlihat nyata.

Kelebihan lainnya dari konsol ini adalah disematkannya DVD sebagai tempat menyimpan game. Hal ini menjadi revolusioner dikarenakan para pengembang game bisa menyematkan sebuah game hanya di satu kepingan DVD saja. Sedangkan jika menggunakan CD, maka mereka harus menimpannya di beberapa keping CD berbeda. (chn)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini