Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Kontroler Xbox 360 Dipakai Kapal Selam Militer AS

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 12:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 19 207 1874671 unik-kontroler-xbox-360-dipakai-kapal-selam-militer-as-10CZe0BClm.jpg Ilustrasi Kontrol Xbox (sumber : Pexels)

JAKARTA - Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) baru saja mengoperasikan kapal selam terbaru mereka, yakni USS Colorado. Namun ternyata, ada sebuah fakta unik yang pastinya tidak akan disangka-sangka oleh banyak orang.

Hal ini dikarenakan pihak AL Amerika memasukkan sebuah kontroler game, yakni gamepad Xbox untuk mengendalikan salah satu instrumen vital dari kapal selam tersebut. Instrumen vital tersebut adalah periskop generasi terbaru, yang terpasang di bagian atas USS Colorado.

Pihak AL menjelaskan, kontroler Xbox 360 ini akan mengendalikan sepasang tiang fotonik, yang menggantikan periskop yang sebelumnya populer digunakan di kapal selam. Kedua tiang ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi, yang dapat berputar 360 derajat.

Baca Juga : 5 Konsol Game Paling Laku Sepanjang Masa, Nomer 3 Bikin Rindu

Sebenarnya, mereka pertama kali mengajukan untuk menggunakan sebuah stik pengendali helikopter untuk mengoperasikan kedua tiang tersebut. Namun pada akhirnya, mereka lebih memilih menggunakan kontroler Xbox 360.

Alasan dari keputusan tersebut dikarenakan dua hal. Pertama, penggunaan kontroler Xbox 360 yang lebih nyaman dan lebih mudah digunakan daripada menggunakan stik pengendali helikopter.

Alasan kedua, menurut Komandan Reed Koepp adalah dikarenakan mereka ingin menghemat budget pengeluaran mereka. Hal ini dikarenakan harga satu stik pengendali helikopter jauh lebih mahal dari sebuah kontroler Xbox 360.

“Kami menggunakan teknologi off-the-shelf untuk menghemat pengeluaran Angkatan Laut. Serta kontroler Xbox 360 sudah lebih familiar di tangan para anggota kapal selam,” ujar salah satu Komandan USS Colorado, Komandan Reed Koepp, The Verge, Senin (19/3/2018).

Baca Juga : Game Buatan Sutradara Final Fantasy Bakal Rilis untuk Switch dan Xbox

Menurut salah satu pengamat militer, P.W. Singer pada 2009 silam lalu mengatakan bahwa rencana penggunaan kontroler game sudah direncanakan selama beberapa tahun. Hal ini dikarenakan satu fakta yang tidak bisa terelakkan.

"Generasi kita sudah terlatih menggunakannya (kontroler game). Jadi mengapa kita mencoba menggunakan sistem yang berbeda sehingga kita harus melatih mereka bagaimana memanfaatkannya?,” kata Singer. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini