Dipanggil Komisi 1 DPR, Kominfo dan Operator Tegaskan Tak Ada Kebocoran Registrasi Kartu Prabayar

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 19 207 1874900 kominfo-dan-operator-tegaskan-tak-ada-kebocoran-registrasi-kartu-prabayar-IdFbJbsMt9.jpg (Foto: Nur Chandra Laksana/Okezone)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan tiga operator utama di Indonesia, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo memenuhi panggilan Komisi I DPR. Pemanggilan ini terkait kebocoran data yang terjadi pada saat pelaksanaan re-registrasi kartu SIM Prabayar.

Pada kesempatan hari ini, Rudiantara kembali menegaskan dalam penyelenggaraan re-registrasi kartu SIM prabayar tidak mengalami kebocoran data. Seperti sebelumnya, dia kembali menyatakan bahwa apa yang terjadi adalah penyalahgunaan data.

“Saya sudah sering tegaskan, tidak ada kebocoran data. Kita tidak punya database-nya, yang punya Dukcapil,” ujar Rudiantara dalam Rapat Komisi I DPR RI, Senin (19/3/2018).

Selain itu, dia menegaskan jika data yang datang ke operator, akan langsung dikirimkan oleh operator untuk divalidasi oleh Dukcapil.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Trafik, Kominfo Ingatkan Registrasi SIM Card Prabayar

“Ini juga dilakukan dengan menggunakan VPN. Jadi kami jamin aman,” lanjutnya.

Hal ini juga disambut oleh pernyataan para perwakilan operator yang hadir di dalam rapat ini. Mereka menegaskan, bahwa mereka juga telah memiliki sistem perlindungan data yang baik.

Baca juga: Registrasi Ulang SIM Prabayar, Dukcapil: Database Kami Terlindungi dengan Baik

“Kami sudah memiliki standarisasi keamanan, yakni melalui ISO 270001,” ujar Dirut Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Sekedar informasi, pihak Komisi I DPR RI memanggil seluruh pihak ini dikarenakan adanya kekhawatiran masyarakat Indonesia mengenai dugaan adanya kebocoran data. Mereka melaporkan banyaknya data mereka yang digunakan pihak lain untuk mendaftarkan kartu SIM prabayar mereka. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini