Surat Lamaran Steve Jobs Terjual Rp2,3 Miliar

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 17:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 19 207 1874932 surat-lamaran-steve-jobs-terjual-rp2-3-miliar-vJ67qGoKIq.jpg (Foto: Phonearena)

JAKARTA - Surat lamaran kerja pertama Steve Jobs telah laku terjual dalam sebuah pelelangan. Kabarnya, sepotong peninggalan milik Jobs tersebut berhasil terjual dengan harga yang bisa dibilang tidak masuk akal.

Mengutip dari laman Phonearena, Senin (19/3/2018), surat lamaran pekerjaan milik pendiri Apple tersebut berhasil dimenangkan seorang pelelang yang tidak ingin dipublikasikan namanya. Dia berhasil mendapatkan barang tersebut dengan harga sekiraUSD174 ribu atau lebih dari Rp2,3 miliar dari rumah lelang RR Auction.

Sebenarnya, dengan jumlah ini, banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan. Misalnya saja, Anda bisa membeli sekitar 961 lembar saham Apple dengan nilai saat ini. Atau mungkin, Anda bisa membeli sekira 166 unit iPhone X 256GB.

Jumlah ini melambung tinggi jika dibandingkan penawaran awalnya yang hanya sekira USD50 ribu atau sekira Rp684 juta. Bahkan beberapa pihak menilai jika seharusnya harga tertinggi dari dokumen tersebut tidak akan mencapai USD170 ribu atau sekira Rp2,3 miliar.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang hingga Rp683 juta

Hal ini dikarenakan di dalam surat lamaran kerja tersebut tidak terdapat tanda tangan dari mendiang Jobs. Meskipun memang faktanya, surat lamaran kerja tersebut ditulis langsung oleh tangan Jobs sendiri.

Di dalam surat lamaran kerja ini sendiri, terdapat kesalahan penulisan yang dilakukan oleh Jobs. Contohnya adalah nama yang tertera di dalam surat tersebut adalah Steven Jobs, bukannya Steve Jobs.

Baca juga: Kenang sang Pendiri, Tim Cook: Spirit Steve Jobs Jadi DNA Apple

Selain itu, terdapat juga beberapa tulisan mengenai skill yang dimiliki olehnya. Tak luput, dia membubuhi di bagian bawah jika dirinya pernah bekerja di salah satu perusahaan teknologi Hewlett-Packard, yang tentunya juga salah ditulis menjadi Hewitt-Packard.

Sekedar informasi, surat lamaran kerja ini bukan barang memorabilia pertama milik Steve Jobs yang dilelang ke publik. Sebelumnya, beberapa barang pribadi miliknya, yakni sebuah mobil dan kontrak kerja milik ikon teknologi mobile tersebut telah berhasil terjual dengan nilai yang fantastis. (chn)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini