Komisi I Usulkan Panja Perlindungan Data Pelanggan

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 19 207 1875036 komisi-i-usulkan-panja-perlindungan-data-pelanggan-lkXUia3A03.jpg Ilustrasi sim card (foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rapat Kerja yang dilakukan oleh Komisi I DPR RI dengan Menteri komunikasi dan informatika serta operator yang digelar hari ini menghasilkan lima poin.

“Dari hasil rapat ini, ada lima poin yang disepakati oleh peserta rapat,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid saat menutup rapat kerja antara DPR dengan Kominfo dan operator, Senin (19/3/2018).

Pertama, Komisi I DPR RI mendesak Kominfo untuk melakukan pengawasan secara menyeluruh terkait proses registrasi kartu prabayar sehingga tidak ada pihak yang dapat melakukan penyalah gunaan data.

“Kedua, Komisi I DPR mendesak Kominfo untuk menata sistem pertanggungjawaban pengamanan data pelanggan yang dikelola oleh operator telekomunikasi sebagai bentuk perlindungan negara terhadap warga negara,” lanjutnya.

Baca juga: Dipanggil Komisi 1 DPR, Kominfo dan Operator Tegaskan Tak Ada Kebocoran Registrasi Kartu Prabayar

Komisi I DPR RI juga mengusulkan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) Perlindungan Data Pelanggan seluler. Pembentukan Panja ini akan dibentuk melalui Rapat Internal Komisi I DPR RI.

“Kami juga mendesak Kominfo untuk melakukan rekonsiliasi data pelanggan seluler dan operator telekomunikasi untuk memberitahukan kepada masyarakat terkait informasi penggunaan NIK dan KK yang digunakannua dalam proses registrasi nomer seluler kartu prabayar,” tegasnya.

Terakhir, Komisi I DPR RI mendesak Kominfo untuk mengoptimalisasi sosialisasi secara lebih intensifkepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga data pribadi dan tidak memberikannya kepada pihak yang berhak.

Baca juga: Registrasi Ulang SIM Prabayar, Dukcapil: Database Kami Terlindungi dengan Baik

Sayangnya, pada kesempatan kali ini, Dukcapil sebagai pemegang data NIK dan KK tidak hadir karena belum mendapatkan panggilan.

"Oleh karena itu, Komisi I berencana akan memanggil kembali Kominfo bersama Dukcapil untuk membahas kesiapan Dukcapil dalam mengamankan data. Kita akan undang Dukcapil pekan depan,” pungkas Meutya.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini