Organ Tubuh Ini Tersembunyi dalam Sistem Pencernaan Manusia

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 56 1875605 organ-tubuh-ini-tersembunyi-dalam-sistem-pencernaan-manusia-Khe95xHvPZ.jpg (Foto: J Calvin Coffey/D Peter O'Leary/Henry Vandyke Carter)

JAKARTA - Selama ini, ada organ tersembunyi dalam sistem pencernaan manusia. Para peneliti kini telah mengklasifikasikan organ baru tersebut. Meskipun sudah diketahui mengenai struktur organ baru tersebut, tetapi fungsinya masih kurang dipahami dan tentunya akan dipelajari lebih lanjut.

Dilansir dari Sciencealert, organ baru tersebut dikenal dengan sebutan mesenterium, organ yang baru ditemukan ini telah lama dianggap terdiri dari struktur yang terpisah. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa itu sebenarnya satu organ yang bersinambung.

Seorang peneliti dari University Hospital Limerick di Irlandia, J. Calvin Coffey adalah orang yang pertama kali mengetahui bahwa mesenterium adalah organ. Ia mengatakan bahwa kini manusia memiliki organ dalam tubuh yang belum diakui hingga saat ini.

Deskripsi anatomi yang telah ditetapkan lebih dari 100 tahun tidaklah benar. Organ ini jauh dari terfragmentasi dan kompleks, ini hanya satu struktur yang berkelanjutan. Berkat penelitian baru, mahasiswa kedokteran mulai diajari bahwa mesenterium adalah organ yang berbeda.

Mesenterium ini adalah lipatan ganda peritoneum atau lapisan rongga perut yang menempel ke usus dan membuatnya terkunci pada tempatnya. Salah satu deskripsi awal mengenai mesenterium dibuat oleh Leonardo da Vinci dan selama berabad-abad umumnya diabaikan sebagai jenis keterikatan yang tidak signifikan.

Abad lalu, para dokter mempelajari mesenterium dan mengira itu adalah struktur berfragmentasi yang terbuat dari bagian-bagian terpisah, sehingga membuatnya sangat tidak penting. Akan tetapi, pada 2012 Coffey dan rekannya menunjukkan melalui pemeriksaan mikroskopis rinci bahwa mesenterium sebenarnya adalah struktur yang berkelanjutan.

Baca juga: Bakteri Ini Mampu Menyebar ke Organ Tubuh Lain

Empat tahun terakhir peneliti mengumpulkan bukti lebih lanjut mengenai mesenterium yang harus segera diklarifikasi sebagai organ yang berbeda. Sementara itu, hal tersebut tidak mengubah struktur yang sudah ada di dalam tubuh manusia. Dengan reklasifikasi tersebut munculah bidang ilmu kedokteran yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga: Organ Tubuh Manusia Bisa Diciptakan Melalui 3D Bioprinting

J. Calvoin Coffey dengan rekan-rekannya kini telah membentuk anatomi dan struktur mesenterium, langkah selanjutnya adalah fungsi dari mesenterium. Jika telah dipahami fungsinya maka dapat mengidentifikasi fungsinya secara abnormal.

Hal ini menunjukkan bahwa tidak peduli seberapa maju pengetahuan karena selalu ada bahkan banyak hal yang harus dipelajari dan ditemukan, terutama dalam tubuh manusia.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini