Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IBM Pamer Komputer Terkecil, Hanya Sebesar Ujung Jari!

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 21:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 20 57 1875600 ibm-pamer-komputer-terkecil-hanya-sebesar-ujung-jari-MSegMBl6Ek.PNG Komputer Terkecil IBM (sumber : IBM)

JAKARTA - IBM kembali memamerkan kemampuan mereka dalam membuat komputer. Bukan sebuah komputer paling bertenaga yang dipamerkan oleh mereka, melainkan mereka kini memamerkan sebuah komputer terkecil di dunia.

Melansir dari laman TheVerge, komputer ini memiliki dimensi yang sangat kecil, yakni sekira 1x1mm. Tentu saja, komputer ini akan jauh lebih kecil ratusan kali lipat jika dibandingkan dengan laptop terkecil dan tertipis yang ada di pasaran.

Saking kecilnya, IBM membandingkan chip komputer tersebut dengan butiran garam di bawah mikroskop. Namun setelah dirakit, ukuran komputer ini tidak lebih besar dari pada ujung jari manusia.

Baca Juga : Cikal Bakal Komputer Modern Berawal dari Temuan Charles Babbage

Secara fitur, komputer tersebut memiliki prosesor yang memiliki beberapa ratus ribu transistor saja, dengan ditemani memori SRAM. Selain itu, ada juga unit komunikasi yang menggunakan LED dan detektor foto untuk berkomunikasi.

Sedangkan sebagai sumber daya listrik, komputer ini menggunakan teknologi sel photo-voltaic.

Soal performa, IBM mengaku jika prosesor ini dapat disandingkan dengan sebuah chip dengan arsitektur x86 buatan 1990, yang dapat menjalankan game Doom versi pertama. Game ini membutuhkan setidaknya RAM sebesar 4GB untuk berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Ingin Abadikan Kenangan ke Komputer, Pria Ini Rela 'Bunuh Diri'

IBM mengatakan, komputer ini baru akan digunakan dalam proses supply chain management dan perlindungan conterfiet. Hingga saat ini, chip ini adalah satu dari sekian banyak chip crypto-anchors yang sengaja dikembangkan IBM untuk keperluan ini.

Sayangnya, hingga saat ini informasi lain mengenai komputer tersebut masih sangat minim. Namun yang pasti, komputer ini diklaim akan sangat murah.

Sekedar informasi, pada 2015 ada sebuah komputer ‘mini’ yang pernah dipamerkan milik Michigan Micro Mote. Komputer tersebut memiliki lebar sekira 2mm, namun dengan dimensi yang lebih besar jika dibandingkan dengan milik IBM. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini