nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Rusia Berambisi Kirim Pesawat Antariksa ke Mars

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 11:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 23 207 1876870 presiden-rusia-berambisi-kirim-pesawat-antariksa-ke-mars-qhck6mcX3z.jpg Persiden Rusia Vladimir Putin (Sumber : Kremlin.ru)

JAKARTA - Presiden Rusia, Vladimir Putin baru-baru ini menunjukkan ambisinya untuk terjun dalam perlombaan menuju planet Mars. Dia menyatakan kesiapannya untuk menerbangkan pesawat antariksa mereka ke Mars secepat-cepatnya pada 2019.

Dalam sebuah pernyataan, Putin menyatakan bahwa dia telah mempersiapkan beberapa pesawat. Dia berambisi untuk mengirimkan pesawat baik tanpa awak dan pesawat dengan awak secepatnya.

“Kami merencanakan peluncuran pesawat tanpa awak dan kemudian berawak ke angkasa, sebagai bagian dari program bulan dan untuk eksplorasi Mars. Misi terdekat adalah segera, kami berencana untuk meluncurkan misi ke Mars pada 2019,” ujar Putin seperti dikutip dari laman Futurism.

Baca Juga : Mikroba di Mars Berbahaya bagi Astronot NASA?

Pria yang baru terpilih kembali menjadi Presiden Rusia tersebut pun menjelaskan rencananya untuk mendaratkan manusia dengan aman di planet Mars.

“Kami akan mencoba mendarat di dekat kutub karena kami mengharapkan tersedianya air di sana. Ada penelitian yang harus dilakukan di sana, dan dari situ, penelitian tentang planet lain dan luar angkasa dapat dilakukan,” tegasnya.

Alasan Putin untuk memaksakan misi pendaratan di Mars pun belum diketahui. Namun yang pasti, pada 2011 silam mereka telah meluncurkan probe Rusia Phobos-Grunt untuk eksplorasi ke Mars. Sayangnya, probe tersebut malah tertarik gravitasi Bumi dan pada akhirnya jatuh di laut Pasifik.

Baca Juga : Peneliti Selesaikan Simulasi Hidup di Mars

Namun, jika mereka punya senjata rahasia dan benar-benar mampu untuk meluncurkan roket pada 2019, maka NASA dan Elon Musk akan cukup tertekan. Hal ini dikarenakan kedua pihak tersebut dalam beberapa tahun ini paling ‘galak’ dalam berlomba ke Mars.

Elon Musk menyatakan bahwa salah satu pesawat antariksa ciptaan SpaceX baru akan meluncur secepatnya pada 2022 mendatang. Sedangkan pihak NASA mengaku saat ini masih melakukan penelitian terhadap dampak misi mengirimkan manusia ke luar angkasa dalam waktu yang panjang. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini